Wabup Meranti Lantik 4 Kades di Kecamatan Rangsang Pesisir dan Hadiri Pelantikan Pengurus LAM

0
67

MERANTI(AuraNEWS.id) – Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Meranti H. Said Hasyim melakukan pelantikan 4 Kepala Desa di Kecamatan Rangsang Pesisir sekaligus menghadiri acara Pelantikan Pengurus LAM Kecamatan Rangsang Pesisir, bertempat di Halaman Kantor Camat, Senin (14/10/2019).

Turut hadir bersama Wakil Bupati, Ketua LAM Meranti H. Muzamil Baharuddin, para Legislator DPRD Meranti Dapil Rangsang Pesisir, Asisten III Sekdakab Meranti H. Rosdaner, Kepala Badan PMPD Meranti Drs. Ikhwani, Kaban Kesbang Polinmas Meranti, Kasatpol PP Meranti Helfandi, S.E, M.Si, Kadis Ketahanan Pangan Meranti Drs. Idris Sudin, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra, S.H, Kabag Perbatasan Widodo Agustia, Kabag Kesra Drs. Husni Gamal, Ketua MUI Meranti Ustadz H. Mustafa, Kapolsek Rangsang Barat, para Kades yang dilantik, Tokoh Masyarakat/Adat/Agama dan lainnya.

Setelah melalui prosesi Pemilihan Kepala Desa serentak se-Kabupaten Meranti Periode 2019-2026, Tanggal 26 Agustus 2019 lalu, kini tibalah waktu Pelantikan Kepala Desa terpilih di 4 Desa se Kecamatan Rangsang Pesisir. Yakni Kepala Desa Tenggayun Raya Haiwar, Kepala Desa Beting Toni Syafrizal, Kepala Desa Telesung Syamsuddin, Kepala Desa Sonde Syafri.

Pelantikan diawali dengan Pembacaan SK Bupati Meranti Drs. H. Irwan, M.Si, tentang pengangkatan Kepala Desa terpilih di lingkungan Kecamatan Rangsang Pesisir Periode 2019-2026 berdasarkan Pemilihan Kades Serentak tanggal 26 Agustus 2019 dan Surat Camat Rangsang Pesisir.

Selanjutnya Pelantikan Kades yang langsung dilakukan oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim, dimulai dengan pembacaan dan pengucapan sumpah oleh Wabup diikuti oleh semua Kades yang dilantik dan penandatanganan berita acara serta pemasangan tanda jabatan oleh Wabup kepada masing-masing Kades.

Dalam kesempatan itu Wabup Meranti H. Said Hasyim juga menyaksikan Pelantikan Pengurus LAM Kecamatan Rangsang Pesisir.

Pelantikan itu berdasarkan Surat Keputusan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Meranti Tentang Pelantikan dan Pengukuhan LAM Kecamatan Rangsang Pesisir.

Dalam SK LAM Meranti itu menetapkan Ketua MKA LAM Kecamatan Rangsang Pesisir Kamsir, Sekretaris Adnan.

Ketua Umum DPH LAM Kecamatan Rangsang Pesisir Lukman, Sekretaris Umum Hendri, Bendahara Umum Abdul Ghafur.

Pelantikan Pengurus LAM Kecamatan Rangsang Pesisir dilakukan langsung oleh Ketua LAM Meranti Dt. Sri Muzamil Baharuddin. Ditandai dengan pengucapan Naskah Pelantikan yang dilanjutkan dengan Pemasangan Tanjak oleh Dt. Timbalan Setia Amanah H. Said Hasyim dan Pemasangan Keris oleh Ketua LAM Meranti Dt. Sri Muzamil Baharuddin serta Tepuk Tepung Tawar.

Kemudian dalam pidatonya usai melantik Kades dan menyaksikan pelantikan Pengurus LAM Kecamatan Rangsang Pesisir, Wabup Meranti H. Said Hasyim atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Meranti mengucapkan selamat kepada Kades dan Pengurus LAM Kecamatan Rangsang Pesisir yang baru saja dilantik.

Selanjutnya Wabup menjelaskan setelah dilantik artinya dibalik pundak para pejabat Kades terkandung amanat yang harus diemban dengan sebaik-baiknya. Dan Wabup berharap setelah pelantikan selesai Kades dapat menggandeng semua pihak sehingga tidak ada lagi masyarakat yang terkotal-kotak, ia pun mengajak semua masyarakat kembali bergandeng tangan untuk membangun Desa.

Kepada masyarakat yang menyaksikan Pelantikan Kepala Desa terpilih diharapkan dapat bekerjasama dengan Kepala Desa, khususnya dalam penggunaan dana desa dalam upaya menstimulan kreatifitas masyarakat dan para tokoh dalam memanfaatkan potensi Desa.

“Marilah bekerja sama antara Kepala Desa terpilih dengan masyarakat, mari bersatu-padu buang semua blok-blok, dan kepada para tokoh masyarakat diharapkan dapat membimbing,” jelasnya.

Selanjutnya kepada para Kades yang dilantik, Wabup H. Said Hasyim berharap harus mempunyai mental yang berani dan cerdas bukan saja untuk meraih dana Kabupaten tapi juga Provinsi dan Pusat. Caranya dengan melihat potensi desa dan membuat proposal sesuai potensi yang ingin dikembangkan. Peluang dana Provinsi dan Pusat menurut Wabup terbuka lebar karena Meranti khususnya daerah Rangsang Pesisir masuk dalam lokasi strategis dan Kawasan Perbatasan Prioritas Nasional.

Dan yang tak kalah penting terkait penggunaan dana Desa, Wabup mengingatkan Kades dapat menggunakannya dengan baik sesuai Instruksi Presiden dan peraturan yang berlaku karena penggunaan Desa selalu diawasi oleh masyarakat dan aparat penegak hukum.

“Gunakan sesuai peruntukannya, perkuat staf Administrasi untuk menyelesaikan semua kewajiban agar tak tersandung masalah pidana,” ujar Wabup.

Terakhir untuk penganggaran dana Desa, diingatkan Wabup bukan saja untuk pembangunan Infrastruktur tapi juga untuk pengentasan masalah gizi buruk (Stanting), Kepemudaan, PKK, serta Posyandu.

“Penggunaan dana Desa bukan hanya semata-mata untuk fisik, tapi juga untuk pembinaan masyarakat karena ini juga penting,” ujar Wabup.

Kegiatan yang dikemas dengan banyak acara ini termasuk perayaan hari jadi Kecamatan ditutup dengan ucapan selamat kepada Kades yang dilantik dan makan bersama masyarakat.(***/Mihrab.P)