Seminar Parenting di SMP Negeri 1 Rambah

0
78

PASIRPENGARAIAN(AuraNEWS.id) –  Program peningkatan mutu pendidikan 2019 di SMP Negeri 1 Rambah mengadakan Seminar parenting atau pendidikan keluarga. Pembentukan karakter anak tidak terlepas dari kerja sama orang tua, sekolah, dan masyarakat. Tiga komponen ini saling berkaitan.

Kepala SMP Negeri 1 Rambah, Yelleson Syuryadi, M.Pd, Sabtu (5/10/2019) mengatakan, orang tua sangat berperan terhadap perkembangan anaknya, bukan hanya diserahkan seluruh tanggung jawab kepada pihak sekolah saja, tetapi juga harus memantau tingkah laku anak di luar jam sekolah.

“Orang tua punya kewajiban bertanya rutin kepada sekolah terkait dengan kemajuan pendidikan anak agar bisa terkontrol baik di sekolah maupun di rumah,” jelas Yelleson.

Harapan dan sambutan baik seminar parenting juga terlihat dari antusias wali murid yang hadir sekitar 581 orang dan 30 orang guru SMP Negeri 1 Rambah. Seminar parenting menghadirkan narasumber Elda Susita, S.Pi. dan Tri Alfina Lestari, S. Pd.

Sementara Tri Alfina Lestari, S.Pd. mengatakan, kegiatan parenting itu adalah pendidikan keluarga, yang melibatkan pelibatan orang tua di sekolah.

“Pendidikan keluarga pelibatan orang tua dengan sekolah terkait dengan tumbuh kembang anaknya. Salah satu yang penting anak adalah tumbuh kembang,” jelas Tri.

Orang tua tidak mungkin menyerahkan pendidikan ke sekolah saja. Harus ada sinkronisasi antara orang tua dan sekolah masyarakat, ini yang dikatakan pendidikan keluarga. Jadi ada sistemnya diperkecil di dalam kelas. Ada persatuan orang tua kelas atau paguyuban untuk mengetahui pola asuh anak. Hal ini sangat penting untuk mengahadapi generasi milenial. Orang tua juga harus siap menghadapi zaman digital ini.

Sementara salah seorang wali murid, Eka Fitri, S.Pd. mengatakan seminar parenting sangat didukung agar bisa membentuk kerjasama antara guru dan wali murid sehingga bisa memberi manfaat bagi anak.

“Kegiatan ini sangat positif sekali bagi orang tua yang tidak tahu pendidikan keluarga bisa memberi pengetahuan dan cara memberi pendidikan yang baik kepada anak di rumah,” jelas Tri.

Ada empat materi dalam pendidikan keluarga yaitu; Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000HPK). pengasuhan positif, pendidikan anak di era digital, dan dukungan sekolah diawal. Materi lainnya juga bisa dirancang sesuai dengan program sekolah.(Suyatri Yatri)