Puskesmas Rimba Melintang Cek Kesehatan Gratis Tim Satgas Karhutla

0
102

RIMBAMELINTANG(auranews.id) – Memadamkan api di hutan dan lahan yang terbakar bukan hal yang mudah dilakukan semua orang, namun hal ini dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir 2019 agar udara tetap sehat di Kecamatan Rimba Melintang, Kamis (23/09/2019).

“Tim satgas Karhutla yang bertugas saat ini terdiri dari 20 Personil dari Polres Rokan Hilir, 10 Personil dari Polsek Rimba Melintang dan di bantu oleh MPA (Masyarakat Peduli Asap) serta dari pihak Kecamatan Rimba Melintang,” ujar salah seorang personel Polres Rokan Hilir, Iptu A. Ruben, Senin (23/9/2019).

Ditengah upaya memadamkan lahan, Tim Kesehatan dari Puskesmas Rimba Melintang mengecek kondisi kesehatan Satgas Karhutla didekat lokasi lahan yang terbakar.

“Untuk sampai dilokasi yang dituju, Tim kesehatan harus menembus asap dan lokasi jalan yang terjal dan berlubang,” terang Kepala Puskesmas Rimba Melintang, dr. Indah Sofia Dewi.

Usai diperiksa kesehatannya, Puskesmas memberikan vitamin dan masker, agar daya tahan tubuh Satgas yang bertugas tidak menurun. Sehingga tugas mulia yang diemban oleh Satgas bisa dituntaskan sesegera mungkin.

Kepala Puskesmas Rimba Melintang menambahkan, mengingat semakin hari kualitas udara yang terus memburuk, pihaknya juga membagikan masker ke warga dan sekolah serta membuka Posko Pelayanan Kesehatan Penanggulangan Kabut Asap yang tersebar di 4 Desa yaitu Jumrah, Teluk Pulau Hulu, Teluk Pulau Hilir dan Lenggadai Hilir.

“Jadi masyarakat pun tidak perlu takut untuk berobat ketika sudah sakit karena dampak asap karena ini semua gratis,” ungkapnya.

Selama kualitas udara yang terus menurun, dr. Indah Sofia Dewi menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas diluar rumah, gunakan masker ketika beraktifitas diluar rumah, perbanyak minum air putih, konsumsi buah dan sayur, istirahat yang cukup serta untuk tidak memperburuk kualitas udara dengan membakar sampah dan merokok. (Rls)