Kabut Asap Masih Pekat, Polres Rohul Gelar Shalat Istisqo dan Do’a Bersama 

0
111

ROKANHULU(AuraNEWS.id) – Kondisi kabut asap yang masih menyelimuti daerah Rokan Hulu (Rohul), maka para Pejabat Utama (PJU) berserta Jajaran Polres Rohul, menggelar Shalat Istisqo (Shalat meminta turun hujan_red) di Halaman Makopolres Rohul, Jalan Lingkar, Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Kamis (19/9/2019).

Sholat Istisqo dan doa bersama tersebut dihadiri Kapolres Rohul AKBP Muhammad Hasyim Risahondua, SIK., M.Si, Waka Polres Rohul Kompol Willy Kartamanah, AKS., M.Si, para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Polres Rohul.

Kapolres Rohul mengatakan, Shalat Istisqo ini upaya antisipasi polusi asap, ini bagian dari bentuk kepedulian terhadap situasi yang ada saat ini, bisa dilihat kini memang Rohul sudah mulai diselimuti asap.

“Pastinya ini adalah asap kiriman, namun bagaimanapun sebagai warga Rohul, kita harus berempati, pada kesempatan hari ini bersama-sama seluruh anggota dan sebagian masyarakat kita melaksanakan Shalat Istisqo, kita memohon doa  kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Semoga dengan doa yang kita panjatkan pagi hari ini bisa diberkahi,” Pintanya.

“Insha Allah mudah-mudahan dalam waktu dekat hujan akan turun di Kabupaten Rohul. Hari ini berdasarkan informasi dari satelit BMKG ada 3 titik api di Rohul. Tiga titik api ini sudah terdeteksi di daerah Bonai dan sekarang sudah kita turunkan sekitar 50 personil,” ujarnya.

“Di lapangan kita akan bekerja sama dengan Satgas Krisna, Masyarakat Peduli Api, kemudian TNI/Polri serta sebagian dari Pemda, semua sudah bergerak,” paparnya.

“Khusus di Bonai, kita masih identifikasi siapa pemilik kebun, karena itu milik perorangan, kita akan panggil siapa pemilik lahan, kemudian kita akan dalami,” ujarnya.

“Kami tekankan, jangan sekali-sekali membuka lahan dengan cara membakar itu melanggar aturan hukum yang berlaku, kemudian kami sampaikan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama bekerja sama,” ujarnya.

“Mari sama-sama kita mendoakan, semoga Riau umumnya dapat  diturunkan hujan saat ini, kebakaran hutan dan lahan yang kami tangani baru 1 kasus,” jelasnya.

Kemudian, Imam sekaligus Khatib Istisqo Al-Ustadz Muhammad Fadli Ikhsan, Lc menyampaikan, kabut asap yang menimpa Rohul ini merupakan cobaan, sekaligus ujian bagi kaum muslimin, makanya sebagai umat harus meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

”Janji Allah, jika kita beriman atau  jika satu kampung tersebut bertaqwa kepada Allah, kemudian kita mendapat pemimpin yang dekat dengan Allah, tentu kita akan mendapat  rahmatnya,” ujarnya.

Dengan momen Shalat Istisqo ini, lanjut, Al-Ustadz intinya untuk  bertobat kepada Allah, melakukan introspeksi diri.

”Mari dengan Shalat Istisqo ini kita kembali kepada Allah dengan bertaubat kepadanya,” pungkasnya kemudian menutup Khutbah Shalat Istisqo tersebut dengan doa.

Masih di tempat yang sama, Paur Humas Polres Rohul IPDA Feri Fadli, SH mengatakan kegiatan di awali pukul 08.30 WIB, usai apel pagi, kemudian berakhir pukul 09.01 Wib, dan dilanjutkan dengan sarapan bersama.(***/Alfian Tob)