Membayar Pajak Daerah Berkontribusi Membangun Daerah

0
50

KAMPAR(auranews.id) – Taat dalam membayar Pajak Daerah berarti turut berpartisipasi dalam membangun daerah. Pajak daerah itu merupakan suatu kewajiban pelaku usaha dan masyarakat.

Dalam upaya percepatan pembangunan, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH didampingi Sekretaris daerah, Drs Yusri M.Si, Kepala Bapenda Kanpar, Ir Hj Kholidah MM melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha di Kampar, Kamis (19/9/2019).

Kali ini, Bupati berkunjung ke Hotel Bangkinang Baru jalan DI Panjaitan Bangkinang Kota. Kunjungan Bupati disambut oleh pemilik Hotel Bangkinang Baru, H Muhammad Nasir di lobby Hotel.

Bupati Catur menyampaikan, guna mempercepat pembangunan daerah, salah satunya dengan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Di Kabupaten Kampar ada 11 jenis pajak daerah, diantaranya Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Parkir, Pajak Air Tanah, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Sarang Burung Walet.

Kita sangat berharap kepada setiap pelaku usaha dan masyarakat dapat taat dalam membayar Pajak Daerah. “Dengan membayar pajak daerah berarti telah berparsipasi dalam membangun daerah,” ucap Catur.

Sekdakab Kampar Drs Yusri M.Si dalam kesempatan itu menyampaikan, pihaknya akan memasang plangkat ditempat usaha yang telah membayar Pajak Daerah, begitupun sebaliknya.

“Kita akan memasang plangkat ditempat usaha yang telah membayar pajak daerah, begitu sebaliknya dan kami menghimbau kepada ASN, tenaga honor untuk berbelanja atau melakukan aktifitas ditempat yang telah membayar Pajak Daerah

Jadi dengan membayar Pajak Daerah bukan berarti mengurangi pendapatan pelaku usaha dan masyarakat, malahan sebaliknya, jelas Yusri.

Sementara Kepada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kampar, Ir Hj Kholidah MM, menyambut baik dukungan dari H Muhammad Nasir.

“Kami berharap para pelaku usaha bisa taat dalam membayar Pajak Daerah seperti Pak H Muhammad Nasir,” ujarnya.

“Taat membayar Pajak Daerah Berarti telah berkontribusi dalam membangun daerah,” tutur Kholidah.

Sementara, pemilik Hotel Bangkinang Baru, H Muhammad Nasir sangat mengapresiasi upaya dilakukan pemerintah daerah. “Kami sangat mendukung upaya dilakukan oleh pemerintah daerah ini,” tuturnya

Disampaikan, Pajak Daerah ini salah satu upaya dari pemerintah daerah dalam hal percepatan membangun daerah.

“Mudah-mudahan dukungan kami ini dapat diikuti oleh pelaku usaha dan masyarakat Kabupaten Kampar,” ujarnya.

Diketahui, Hotel Bangkinang Baru memiliki 38 kamar dan 2 ruang pertemuan. Ruang pertemuan lantai II  berkapasitas 50 orang dan ruang pertemuan lantai III bisa menampung lebih dari 200 orang. Untuk Wisma Bangkinang Baru ada 12 kamar.

Hadir dalam sosialisasi, Asisten II Setdakan Kampar, Ir Azwan MM, Kadis Pariwisata Zulia Dharma, Kadis PUPR Kampar Afdal ST MT, Kepala DLH Kampar DR Aliman Makmur dan sejumlah pejabat Bapenda serta pejabat kampar lainnya. (Syailan Yusuf)