Pengukuhan dan Pelantikan KONI Kepulauan Meranti Masa Bakti 2019-2023 oleh Ketua KONI Riau

0
65

MERANTI(AuraNEWS.id) – Berdasarkan pantauan awak media, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si menghadiri pengukuhan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kepulauan Meranti Masa Bakti 2019-2023. Pengukuhan langsung dilakukan oleh Ketua KONI Provinsi Riau H. Emrizal PAKIS. Terpilih sebagai Ketua KONI Meranti Hendrizal Bocang, bertempat di Ballroom Hotel Grand Meranti, Ahad (15/9/2019) malam.

Turut hadir dalam pelantikan itu, Sekretaris KONI Provinsi Riau Dheni, Wakil Ketua DPRD Meranti H. Muzamil, Forkopimda, Ketua KPU Meranti, Ketua KONI Bengkalis, Wakil Ketua KONI Dastrayani Bibra, Asisten III Sekdakab Meranti H. Rosdaner, Ketua KONI sebelumnya Aznan Mahadar, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra, S.H, Camat Tebing Tinggi Abdul Hamid, Ustadz Asep dari MUI Meranti, Ketua dan Pengurus Cabor, Tokoh Masyarakat/Pemuda dan lainnya.

Dikatakan juru bicara KONI Riau H.M Rustam, pelantikan KONI Meranti berdasarkan SK KONI Provinsi sesuai hasil Musyawarah KONI Meranti yang berlangsung 6 Agustus 2019 lalu. Untuk itu memutuskan Ketua Umum KONI Meranti Hendrizal Bocang, Sekretaris Yusli, S.E, dan Bendahara M. Rusli, S.E.

Pengukuhan dan Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah yang dibacakan oleh Ketua KONI Provinsi Riau diikuti oleh seluruh pengurus KONI Meranti yang dilantik, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bendera Petaka dan penandatanganan berita acara.

Dalam pidato sambutannya Ketua KONI terpilih Hendrizal Bocang, mengatakan, “Sebagai Ketua yang baru ia berharap kerjasama dan dukungan penuh dari seluruh Cabor karena tanpa itu KONI Meranti tidak akan mampu memberikan hasil yang maksimal,” terangnya.

Selain dengan pengurus Cabor, kerjasama yang baik juga akan dilakukan KONI Meranti dengan Pemerintah Daerah khususnya Disparpora Meranti untuk bergerak memajukan olahraga di Kepulauan Meranti.

“Kami sangat berharap sekali dukungan Bupati dan Pemerintah Daerah sebagai motivator dan pembina KONI,” ujarnya.

Menyinggung program kerja, Hendrizal Bocang akan berupaya mengelola organisasi KONI Meranti secara maksimal baik dari segi organisasi maupun pengelolaan keuangan.

“Kita akan berupaya menjadikan KONI Meranti menjadi yang terbaik di Provinsi Riau dalam pengelolaan organisasi dan keuangan,” ujar Bocang.

Dan kepada masyarakat ia berjanji akan menjadikan Meranti sebagai salah satu Kabupaten yang diperhitungkan dibidang olahraga baik di tingkat Provinsi maupun Nasional.

“Target kita Meranti akan meraih peringkat 5 pada Porprov Riau Tahun 2019 di Kabupaten Kuansing mendatang,” ucapnya berapi-api diiringi tepuk tangan dari semua hadirin.

Menyikapi pelantikan tersebut Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si, mengucapkan selamat kepada Pengurus KONI Meranti dan berharap kepada pengurus yang baru mampu membawa olahraga Meranti menorehkan prestasi olahraga baik di tingkat Provinsi maupun Nasional.

Ucapan yang sama juga disampaikan Bupati kepada Ketua KONI sebelumnya Aznan Mahadar atau Ayah Nan, yang telah mengelola KONI dengan baik dalam rangka membina dan meningkatkan prestasi olahraga di Kepulauan Meranti.

Lebih jauh disampaikan Ketua Persatuan Silat Provinsi Riau ini, ke depan KONI Meranti diharapkan bisa mengelola organisasi dengan baik, menciptakan sinergitas dengan para pengurus Cabor yang lebih intens lagi.

Terkait program kerja KONI Meranti yang menargetkan prestasi olahraga Meranti diperingkat 5, disambut baik oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. Irwan, M.Si. Menurutnya hal itu perlu di dukung bersama sehingga apa yang telah ditargetkan bisa terwujud.

Begitu juga keinginan KONI Meranti menjadi yang terbaik dalam hal pengelolaan keuangan dan organisasi, menurut Bupati dengan dukungan dan kerjasama yang baik dari semua pengurus tentu hal ini akan mudah diwujudkan.

Kemudian KONI sebagai perpanjangan tangan Pemerintah dalam memajukan olahraga, menurut Bupati untuk maju KONI tidak harus menunggu tapi harus mampu mengatasi segala problematika yang terjadi. Masalah terbesar yang dihadapi dikatakan Bupati berada pada dukungan anggaran yang kurang memadai, untuk mengatasinya diperlukan komunikasi dan kerjasama yang kuat bukan saja dengan Pemerintah Daerah tapi juga dengan pihak swasta yang ada di Meranti.

“Seperti diketahui di Meranti selain pemerintah juga terdapat usaha-usaha yang dikelola oleh swasta yang cukup bisa diandalkan menjadi bapak angkat beberapa Cabor andalan sebut saja Sepak Takraw, Gulat, Silat dan lain sebagainya,” jelas Bupati.

Dengan begitu Cabor bisa hidup dan berkembang meskipun dalam keadaan kondisi keuangan yang terbatas.

Terkait segi pendanaan KONI, ditegaskan Bupati, dari perspektif Pemerintah Daerah sangat ingin mendukung secara maksimal, namun akibat dibatasi peraturan perundang-undangan saat ini menyebabkan Pemerintah harus membatasi diri dalam mendukung keuangan KONI.

“Namun semua dapat diatasi dengan koordinasi dan komunikasi yang intens, apalagi di bawah kendali Hendrizal Bocang yang diyakini akan mampu meningkatkan prestasi olahraga Meranti seperti juga yang telah dirintis oleh Ketua sebelumnya,” pungkas Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Ketua KONI Provinsi Riau Drs. Emrizal Pakis, yang mengusulkan pengembalian PPLP Gulat ke Kepulauan Meranti. Dan sebagai penentu kebijakan tersebut KONI Riau diharapkan dapat mewujudkannya.

“Sebagai Pemerintah Daerah kami sangat menanti seandainya PPLP Gulat bisa kembali diletakan di Selatpanjang Kepulauan Meranti sehingga Cabor Gulat dapat kembali berjaya,” ucapnya.

Dan senada dengan Bupati Irwan, Ketua KONI Provinsi Riau Drs. H. Emrizal Pakis dalam sambutannya mengatakan, ia berharap dapat melaksanakan tugas dengan baik. Ada beberapa hal yang ditekankan Ketua KONI Riau yakni fungsi KONI sebagai perpanjangan tangan Pemerintah dalam membangun olahraga dan membina para atlit berprestasi. Untuk itu ia berharap KONI mampu membangun sinergitas dengan semua pihak sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud. (***/Mihrab.P)