Dispersip Kampar Berupaya Tingkatkan Kegemaran dan Minat Baca Masyarakat

0
67

BANGKINANGKOTA(AuraNEWS.id) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kampar terus berupaya meningkatkan kegemaran dan minat baca masyarakat. Setelah berhasil membuat program pelayanan pada hari libur, Sabtu dan Ahad, saat ini bekerjasama dengan Komunitas Pegiat Literasi Kampar mereka memberikan pelayanan bagi pemustaka di Taman Kota Bangkinang melalui program mobil pustaka keliling.

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Kampar melalui Pustakawan Kampar, Suhaimi kepada wartawan, Sabtu malam (14/9/2019) di sela memberikan pelayanan kepada pemustaka di Taman Kota Bangkinang mengatakan, bahwa program pustaka keliling di Taman Kota ini merupakan upaya perpustakaan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Lebih lanjut Suhaimi mengatakan, bahwa Dispersip Kabupaten Kampar memiliki komitmen untuk menggalakan kegiatan literasi dan selalu berupaya meningkatkan minat baca masyarakat khususnya bagi anak-anak yang merupakan generasi penerus harapan masa depan yang bakal menjadi tulang punggung pembangunan negeri ini. Kita akan selalu berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya rajin membaca, ungkap Suhaimi.

Kepada wartawan Suhaimi juga mengatakan, bahwa kegiatan pelayanan perpustakaan di Taman Kota ini merupakan wujud kerjasama Dispersip Kampar dengan Komunitas Pegiat Literasi Kampar.

“Pelayanan perpustakaan di Taman Kota ini akan kita laksanakan secara rutin setiap malam Ahad (Sabtu malam_red),” ungkap Suhaimi.

Sementara itu, aktivis Komunitas Pegiat Literasi Kampar, Mita Desi Saputri, SE didampingi sahabatnya Ilyas Jhon, A.Md, kepada wartawan mengatakan, kami berbahagia sekali bisa bekerja sama dengan Dispersip Kabupaten Kampar untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Kampar melalui program pustaka keliling. Kegiatan ini akan kita laksanakan secara rutin setiap malam minggu, ungkap Mita.

Kepada wartawan Mita juga mengatakan, bahwa antusias masyarakat terhadap perpustakaan sangatlah tinggi.

“Baru saja dibuka, masyarakat langsung menghampiri mobil pustaka keliling kita yang menyediakan ratusan buku bagi masyarakat, baik buku untuk ibu-ibu, anak-anak dan orang tua,” terang Mita.

Sementara itu, Ilyas Jhon mengatakan, bahwa masyarakat khususnya generasi muda mesti dekat dengan buku. Untuk menjadi orang sukses tidak bisa diraih tanpa rajin membaca. Membaca merupakan jembatan penghubung pengetahuan dengan kehidupan, ungkap Ilyas Jhon.

Kepada wartawan Ilyas Jhon juga mengatakan, bahwa dengan membaca seseorang akan menjadi cerdas dan kaya dengan pengetahuan dan wawasan. Membaca dan menulis harus dimulai dari usia dini, beber Ilyas Jhon.

Melalui awak media Ilyas Jhon menghimbau seluruh masyarakat Kampar dan stakeholder pembangunan untuk sama-sama berupaya dan berkontribusi dalam menggalakkan kegiatan literasi. Semua kita mesti berupaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Ilyas Jhon juga menghimbau agar masyarakat terutama orang tua agar selalu mengajak anaknya bermain di Taman Kota Bangkinang untuk mampir dan mengambil manfaat dari pelayanan pustaka keliling yang berdiri di Taman Kota Bangkinang setiap malam Ahad.

Orang tua yang lagi menunggu anaknya bermain silahkan untuk merapat di Pustaka Keliling yang juga menyediakan kursi secara gratis bagi pengunjungnya. Sembari duduk santai, silahkan juga membaca buku yang tersedia di pustaka keliling kita.

“Bagi anak-anak yang hobi membaca, silahkan juga merapat di lapak kita ini. Pustaka keliling kita menyediakan banyak buku, baik buku umum maupun buku cerita yang dapat memotivasi anak-anak agar lebih semangat untuk mencapai cita-cita dan impian kesuksesan mereka,” Terang Ilyas Jhon.(Adi Jondri)