Tradisi Festival Budaya Zhong Qiu di jalan Karet Pekanbaru, Panitia siapkan 2570 Lampion dan Kue Bulan

0
39

PEKANBARU -(auranews.id)- Mid-Autumn Festival atau yang lebih dikenal dengan Festival Zhong Qiu diselenggarakan setiap tanggal 15 bulan ke delapan dalam penanggalan Imlek  menurut kalender Gregorian.

Untuk tahun ini Mid-Autumn Festival atau Festival Zhong Qiu diselenggarakan pada hari Jum’at 13 September 2019.

Di Pekanbaru, Panitia Bersama perayaan Festival Budaya ini telah mempersiapkan berbagai agenda perayaan diantaranya Pawai Lampion yang akan diikuti oleh 2500 orang, Panggung hiburan Seni Budaya, Makan Kue Bulan Bersama , Lomba Kreasi Lampion, serta Lomba Photography.

Kordinator Humas pada  acara Festival ini Ket Tjing mengatakan Panitia Tahun ini dipercayakan kepada Marga Tan yang akan bekerjasama dengan berbagai Ormas Tionghoa, Lembaga Keagamaan serta Lembaga Pendidikan yang diketuai Anton Tanusia.

Saat acara Jumpa pers, Rabu (11/9/2019) siang, Anton Tanusia mengatakan pada tahun ini Festival Budaya Zhong Qiu mengambil Tema” Melalui Perayaan Zhong Qiu kita pererat Kebersamaan dalam Keberagaman, Cinta Damai, dan Pembauran”.

Anton Tanusia juga mengajak warga Pekanbaru untuk turut hadir merayakan Festival Budaya ini. Ia berharap perayaan ini nantinya berlangsung aman dan lancar.

” Ya, Festival Budaya  ini setiap tahunnya kita selenggarakan di jalan Karet, dengan harapan Kota Pekanbaru ini nantinya menjadi salah satu Kota Budaya yang menjadi tujuan Pariwisata, kami sangat mengharapkan dukungan warga Pekanbaru agar dapat mewujudkan harapan ini,” ungkap Anton.

Hal Senada diungkapkan Ketua PSMTI Riau Stephen Sanjaya, Demi  mewujudkan Kota Pekanbaru sebagai salah satu Kota Wisata, PSMTI Riau bersama Panitia berupaya menggelar Festival Budaya Zhong Qiu atau Festival Kue Bulan ini setiap tahunnya lebih meriah lagi.

“Selain untuk mempererat Kebersamaan dan Keberagaman, Kami juga mendukung Program Pemerintah Riau dalam Pariwisata. Salah satunya Festival Budaya Zhong Qiu di Pekanbaru ini,” ujarnya.

Stephen Sanjaya juga mengatakan pada  Perayaan Zhong Qiu tahun ini panitia telah menyiapkan sebanyak 2570 lampion yang akan dibawa Peserta Pawai dan juga telah  menyiapkan sebanyak 2570 Kue Bulan untuk dinikmati warga Pekanbaru.

Tradisi Kue Bulan

Dalam Festival Zhong Qiu,  makan kue bulan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Kue bulan adalah kue tradisional asal Tiongkok yang terbuat dari tepung gandum dengan isi yang bermacam-macam, seperti kacang merah, biji teratai, green tea, coklat, kuning telur dan masih banyak lagi.

Kue bulan biasanya berukuran sekitar 5 hingga 10 sentimeter (2 hingga 4 inci) dengan kedalaman 5 sentimeter (2 inci). Sebelum dimakan, kue bulan akan dipotong sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Umumnya, untuk menikmati kue bulan harus disajikan dengan teh yang cenderung pahit.

Di masa lalu, Festival Kue Bulan sendiri, dirayakan pada saat musim panen tiba.
Orang-orang pada masa itu merayakan Festival ini pada pertengahan Musim Gugur yang bertepatan dengan pertengahan bulan  sebagai perayaan kerja keras dan panen mereka. Namun sekarang, mereka merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur sebagai waktu untuk berkumpul bersama keluarga. (Ferry Anthony).