Koramil 03/Bunut, Kodim 0313/KPR, Laksanakan Upaya Massive Dalam Penanganan Karhutla di Desa Merbau

0
44

BUNUT -(auranews.id)- Kondisi asap saat ini memang benar-benar sudah mengganggu kesehatan dan aktivitas masyarakat Riau,hingga dinas pendidikan kabupaten Pelalawan sudah meliburkan anak sekolah,karena dikhawatirkan anak-anak terkena penyakit ISPA jika banyak berada diluar rumah, Rabu (11/09/2019).

Upaya pemadaman api dan pemusnahan asap diwilayah Koramil 03 Bunut,kodim 0313/Kampar, sudah dilakukan secara maksimal,sehingga titik api dan asap sudah sangat minimal, yang hanya menyisakan asap dengan proses pendinginan saja.

Proses pendinginan masih dilakukan didesa Merbau, kecamatan Bunut, kabupaten Pelalawan, dikarenakan lokasi bekas kebakaran ini berkultur tanah gambut,sehingga sumber api yang berada didalam dasar gambut sangat sulit terdeteksi.

Upaya pemadaman api dan pendinginan asap  yang dilakukan subsatgas-7, team-9 sudah memakan waktu yang cukup lama,sudah hampir satu bulan team berada dilokasi,demi upaya pemadaman dan menghilangkan asap.

Kegiatan pemadaman dan pendinginan didesa Merbau juga cukup banyak menggunakan tenaga,terutama dari pihak Koramil 03 Bunut, hampir seluruh personil Koramil dikerahkan untuk melaksanakan pemadaman dan perdinginan,hingga Danramil 03 Bunut,kapten inf.E.Sihotang ikut serta bermalam dengan anggota satgas dan team dirumah penduduk yang dekat dengan lokasi kebakaran.

Pemadaman dan pendinginan secara massive pun terus dilaksanakan,hingga api dan asap bisa berakhir,bantuan bantuan tenaga dan alat pemadaman pun berdatangan dari perusahaan, PT.arara abadi, PT.Adei, PT.SS,PT.serikat putra dan PT.cas.

Polsek Bunut ikut membantu,Saptol PP, BPDB dan masyarakat setempat juga membantu upaya pemadaman dan pendinginan,dengan sebuah harapan agar langit Pelalawan cerah kembali tanpa asap.

Upaya telah dilaksanakan dengan baik secara maksimal,semoga kiranya doa doa kita serta doa dari saudara saudara kita yg sudah melaksanakan shalat Istisqo yang meminta turun nya hujan,diterima oleh Allah SWT,hingga kita semua dan seluruh masyarakat Riau bisa terbebas dari asap yang tentunya sudah mengganggu aktivitas dan kesehatan.