Kapolsek Kuala Cinaku Pimpin Pemadaman Karhutla di Dusun lngin Jaya

0
67

RENGAT (auranews.id)- Kapolsek Kuala Cinaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Iptu Sutarja memimpin langsung kegiatan gabungan Pencegahan, dan upaya pemadaman Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan), Selasa (10/9/2019).

Kebakaran tersebut terjadi di Dusun lngin Jaya, Desa Pulau Gelang yang berbatasan dengan Desa Sukajadi Kecamatan Kuala Cinaku.

Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting S.lk ketika dikonfirmasi melalui Kapolsek  Kuala Cinaku Iptu Sutarja membenarkan hal tersebut.

“Kejadian ini terjadi Selasa (10/9/2019) sekira pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB, di titik kordinat S:-0,38935, E : 102,65529,” katanya.

Cuaca saat kejadian panas disertai angin agak kencang, sehingga api dapat lebih mudah meluas, sedangkan lahan yang terbakar terdiri dari semak belukar milik masyarakat Dusun Ingin Jaya.

“Sedangkan alat kelengkapan (alkap) yang kita gunakan adalah 1 unit kendaraan roda 4, 13 unit kendaraan Roda 2 dan 4 unit mesin pompa air jenis robin,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa masih ditemukan beberapa titik api pada lahan semak belukar milik masyarakat Dusun Ingin Jaya Desa Pulau Gelang yang berbatasan dengan Desa Sukajadi.

“Dalam kegiatan pemadaman ini kita bersama dengan anggota Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) serta dari unsur masyarakat setiap desa se Kecamatan Kuala Cinaku,” katanya lagi.

Dijelaskannya juga bahwa lahan yang terbakar diperkirakan sekitar lebih kurang 40 Ha (Hektare), sementara sumber air ada namun agak sulit dijangkau.

“Lahan yang terbakar merupakan lahan gambut dengan kedalaman 5 hingga 7 meter, hingga saat ini api belum padam karena sumber air tergantung pasang surut,” terangnya.

Adapun jumlah personil terdiri dari 5 orang anggota Polsek Kuala Cinaku, 18 orang utusan masyarakat perdesa se Kecamatan Kuala Cinaku, 2 orang anggota Satpol PP, serta aparat Pemerintahan Kecamatan Kuala Cinaku, tutupnya. (Man)