Tindak Tegas dan Tangkap Pelaku Karhutla

0
32

KAMPAR (auranews.id)- Komponen masyarakat dan pelaku usaha mengutuk keras oknum pelaku kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menyebabkan udara tidak sehat.

Kita minta agar aparat penegak hukum dapat menindak keras pelaku pembakaran hutan dan lahan yang tidak bertanggungjawab. “Tindak tegas dan tangkap pelaku Karhutla yang mengakibatkan bencana asap,” kata pengusaha aren Kabupaten Kampar, Roby Wahyudi, Selasa (10/9/2019).

Dikatakan, tercemarnya udara tidak saja merusak organ tubuh manusia, namun pertumbuham tanaman juga
ikut terganggu akibat asap.

“Kita berharap aparat penegak hukum dapat menangkap dan menindak tegas pelaku Karhutla yang menyebabkan bencana asap ini,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Kampar.

“Kita minta kepada aparat penegak hukum dapat menangkap dan menindak tegas pelaku Karhutla yang menyebabkan bencana asap ini,” kata Ketua P2TP2A Kampar, Hafiz Tohar.

Bencana asap ini dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit terutama Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), yang meliputi saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah yang sangat rentan terhadap anak-anak.

Dampak dari bencana asap ini bukan saja merugikan kesehatan, bahkan aktifitas berlajar dan mengajar dan aktifitas lainnya ikut terganggu, ucapnya.

Bencana asap ini juga sangat merugikan pertumbuhan tanaman dan peternakan, tambahnya. (Syailan Yusuf)