Balai Bahasa Riau Gelar Penyuluhan Bahasa lndonesia di lnhu

0
146

RENGAT -(auranews.id)- Balai Bahasa Riau menggelar Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi (insan) media massa di Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu), Senin (9/9/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Irma Bunda, Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten lnhu.

Hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Komunikasi dan lnformatika (Diskominfo) lnhu Jawalter S, M.Pd, Kepala Balai Bahasa Riau Drs. Songo Suriah M.Pd, para narasumber dan para peserta penyuluhan.

Ketua Panitia Kegiatan, Zainal Abidin S.Pd dalam laporan nya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendukung visi, misi, tugas dan fungsi Balai Bahasa Riau, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dijelaskannya bahwa Balai Bahasa Riau adalah UPT dari Badan Pengembangan Bahasa dan Pembukuan Kemdikbud Jakarta.

Balai Bahasa Riau memiliki Visi terwujudnya balai bahasa sebagai lembaga pengembangan, pembinaan, perlindungan bahasa dan pusat informasi serta pelayanan prima dibidang bahasa dan kesastraan di Provinsi Riau, paparnya.

“Hal ini dalam rangka menjadikan bahasa lndonesia sebagai bahasa yang berwibawa dan bahasa Perhubungan luas tingkat antar bangsa,” lanjutnya.

Sedangkan salah satu misinya adalah meningkatkan mutu pengguna dan penggunaan bahasa dan sastra lndonesia dan daerah dan meninggalkan sikap positif masyarakat terhadap bahasa lndonesia.

“Dalam kesempatan ini kita menghadirkan dua orang narasumber yaitu Dr. Fatmawati A, M.PD dan Dra Sri Subakti M.Hum,” tutupnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Inhu yang diwakili oleh Kepala Diskominfo lnhu Jawalter Situmorang M.PD.

Dalam kesempatan tersebut Jawalter menyampaikan permohonan maaf dari sekda lnhu H. Hendrizal M.Si karena tidak dapat hadir secara langsung dalam kegiatan tersebut. (Man)