Mahasiswa Kukerta Unri Desa Pulau Baru Kuansing, Dirikan Rumah Edukasi

0
84

KUANTANSINGINGI(AuraNEWS.id) – Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) Tahun 2019 Desa Pulau Baru, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) telah mendirikan Rumah Edukasi yang diadakan rutin setiap hari Senin sampai dengan pada hari Kamis.

Tim ini dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan Dr. dr. Elda Nazriati, M.Kes. Kegiatan ini mempunyai sasaran untuk meningkatkan minat belajar dan kesadaran akan pentingnya pendidikan kepada para siswa sekolah dasar serta menumbuhkan kepandaian untuk membaca dan memahami hal-hal baru lewat tulisan.

Dalam program Rumah Edukasi, terbagi atas dua kegiatan utama yaitu Rumah Pintar, dan Rumah Solusi.

Rumah pintar merupakan program untuk memberikan pendidikan mengenai materi pelajaran formal seperti yang diajarkan di sekolah dan ditambah dengan pengajaran materi bahasa Inggris, serta materi pengembangan diri seperti pentingnya sopan santun dan tata cara berkomunikasi.

Sejalan dengan Rumah Pintar, kegiatan Rumah Solusi dilaksanakan dengan memberikan bantuan untuk menyelesaikan masalah pelajaran dan pribadi yang diberikan oleh sekolah masing-masing.

Rumah Edukasi memiliki peserta yang sangat antusias dengan jumlah yang banyak, sehingga dapat diharapkan bahwa program ini bisa memberikan dampak langsung kepada para pesertanya secara menyeluruh.

“Program ini memang sudah kami rencanakan sejak awal. Kami merancang berbagai kegiatan agar tidak membosankan bagi peserta seperti diawali dengan menyanyikan lagu anak-anak di awal kegiatan, dan disertai dengan Game Break pada tengah kegiatan berlangsung,” ungkap Aji, Koordinator Kukerta Unri.

Tim Kukerta Unri tahun 2019 Desa Pulau Baru berharap bahwa ketika kegiatan ini berlangsung, para peserta dapat menumbuhkan pemahaman akan pentingnya pendidikan serta dapat menemukan cara agar dapat menghilangkan jenuh ketika sedang belajar.

Selain itu, Tim Kukerta Unri tahun 2019 Desa Pulau Baru juga berharap agar jumlah peserta terus bertambah dari hari ke hari.(FDr)