DPD LMR Inhu Himbau Perusahaan Perkebunan Tidak Bakar Lahan

0
156

RENGAT -(auranews.id)- Kemarau panjang yang terjadi diberbagai daerah dalam beberapa bulan terakhir, mengakibatkan kekeringan melanda berbagai daerah, termasuk Kabupaten Indragiri Hulu (lnhu).

Salah akibat dari kekeringan ini adalah terbakarnya hutan  dan lahan, hal ini menimbulkan  kabut asap, sehingga mengakibatkan udara  yang tidak sehat bagi masyarakat.

Atas hal tersebut, Dewan Pimpinan Daerah Laskar Melayu Riau (DPD LMR) Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) menghimbau kepada seluruh perusahaan dibidang perkebunan kelapa sawit agar tidak membakar lahan.

Selain terhadap perusahaan perkebunan kelapa sawit, himbauan ini  juga ditujukan kepada masyarakat untuk tidak membakar pada saat melakukan embukaan Lahan perkebunan.

“Kita himbau kepada perusahaan kelapa sawit, ataupun masyarakat tidak melakukan pembakaran pada saat membuka  lahan,” ujar Anto selaku Wakil Ketua DPD LMR lnhu,  Selasa (13/8/2019) malam di Pematang Reba.

Dikatakannya bahwa, saat ini  kondisi alam sangat rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, karena sedang musim kemarau panjang.

“Api akan sangat mudah meluas akibat kekeringan, dan ini akan mengakibatkan asap yang dapat membuat sesak pernapasan bagi anak-anak maupun orang dewasa,” paparnya.

Untuk itu, marilah bersama-sama kita perduli terhadap Lingkungan dari bahaya api dan asap.

“Sebagai Organisasi Masyarakat (Ormas), DPD LMR lnhu berkrwajiban untuk mengingatkan, sebab jika kedapatan melakukan pembakaran hutan dan lahan, sangsi barat akan menanti,” trgasnya. (Man)