Pesona Danau Sipogas, Bupati Rohul Instruksikan Seluruh OPD Berpartisipasi

0
77

ROKAN HULU(AuraNEWS.id) – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman, instruksikan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Rohul agar ikut memeriahkan dan jadi bagian peserta di Festival Danau Sipogas, Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rohul.

Festival Pesona Danau Sipogas yang dimotori Pemuda dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Unri, mendapat dukungan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Rohul, juga GenPi Rohul, KONI Rohul serta Pemerintah Desa Sialang Jaya, yang akan digelar dari tanggal 16 hingga 18 Agustus 2019 mendatang.

“Kepala OPD harus ikut serta berbagai lomba di kegiatan itu, karena momen besar dan pertama kali digelar, kita berharap kegiatan ini meriah dan sukses,” harap Bupati Rohul H.Sukiman, saat bertemu dengan Ketua Pelaksana Kegiatan Festival Pesona Danau Sipogas Rahmat Saputra, di Dataran Tinggi Pematang Baih, Pasir Pangaraian, didampingi Sekda Abdul Haris juga Kadisparbud Yusmar, Selasa (13/8/2019).

Bupati mengaku, momen kegiatan tersebut sangat penting, terutama untuk meningkatkan kunjungan wisata ke objek wisata di Rohul, yang akan berdampak meningkatnya ekonomi masyarakat bila kunjungan ke objek wisata banyak.

“Ini harus kita suskeskan, apalagi ini momen terbaik untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Rohul ini. Kita sangat mendukung kegiatan ini, apalagi nantinya banyak lomba yang dipertandingkan,” tegas Bupati Sukiman.

Rahmat Saputra, berterima kasih kepada Bupati Sukiman, Sekda, Disparbud dan OPD serta Pemerintah Desa Sialang Jaya, yang sudah mendukung program pemuda untuk mempromosikan wisata Danau Sipogas yang merupakan salah satu objek wisata unggulan di Negeri Seribu Suluk.

Event yang akan digelar di Festival Pesona Danau Sipogas jelas Rahmat, mulai lomba dayung sampan tradisional untuk 2 kategori, yakni kategori 1 komunitas, lembaga, instansi memperebutkan hadiah juara 1 Rp.1,5 juta dan juara 2 Rp.1 juta, peserta yang mendaftar untuk satu sampan dua orang dengan biaya pendaftaran Rp 50 ribu.

Kemudian di kategori 2 untuk umum dengan uang pendaftaran Rp.100 ribu dengan hadiah juara 1 disiapkan Rp.2,5 juta dan juara 2 Rp.2 juta.

“Juga ada lomba lagu, lomba lintas alam, Trail Fun Run 3K Sipogas, lomba foto momen festival juga kegiatan permainan rakyat. Peserta bisa mendaftarkan diri ke panitia di Desa Sialang Jaya. Termasuk para OPD yang akan ikut di lomba dayung sampan tradsional,” kata Rahmat.

Kegiatan menurut Rahmat, akan dibuka Bupati Rohul H.Sukiman, pada 17 Agustus 2019.

“Kita sudah berkoordinasi, Bupati menyatakan akan hadir usai pelaksanakan peringatan detik-detik Proklamasi HUT RI juga pemberian remisi di Lapas. Setelah dua rangkaian selesai, Bupati akan hadir di Festival Pesona Danau Sipogas nanti,” ucapnya.

Kegiatan lainnya, juga akan dimeriahkan masyarakat Sialang Jaya berupa permainan rakyat mulai lomba pacu karung, tangkap ikan, perang bantal, balap sarung, panjat pinang tarik tambang dan bakiak untuk memeriahkan HUT RI ke 74 tahun 2019.

“Masyarakat silahkan datang ke Sipogas, untuk berwisata sekaligus melihat beragam lomba yang dipertandingkan pasti seru,” ucap Rahmat menjelaskan.

Reporter : Alfian Tob

Editor : MS Faidar