PAUD Terpadu Pertiwi Deklarasikan Sebagai Sekolah Ramah Anak

0
80

BANGKINANGKOTA(AuraNEWS.id) – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Pertiwi Kecamatan Bangkinang Kota di Deklarasikan sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA) di Kabupaten Kampar. Acara Pendeklarasian SRA ini digelar di aula PAUD Terpadu Pertiwi, Selasa (6/8/2019).

Pendeklarasian Sekolah Ramah Anak ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama oleh seluruh orang tua wali murid dan para guru.

Pada kesempatan tersebut juga digelar sosialisasi SRA oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga serta Dinas/Instansi terkait.

Hadir pada kesempatan tersebut Kabid Perlindungan Anak DPPKBP3A Satiti Rahayu, SKM, MKM, Kabid Paudni Dikpora Jaafar Sodik, MPd, Ketua Yayasan PAUD Pertiwi Atni Prawati Syahrizal, Med, Kepala Paud Terpadu Pertiwi Yurlanita, SPd AUD, Kasi Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Lindawati, dan para orang tua murid dari 120 orang tua murid, hadir pada kesempatan sebanyak 90 orang atau 75 %.

Ketua Yayasan PAUD Terpadu Pertiwi Atni Prawati, MEd pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang telah menunjuk Paud Terpadu Pertiwi sebagai Sekolah Ramah Anak dan DPPKBP3A Kabupaten Kampar yang telah membina dan membimbing Paud Terpadu Pertiwi menuju Sekolah Ramah Anak.

Dengan dideklarasikan PAUD Terpadu Pertiwi sebagai SRA maka tentu sekolah harus berbenah baik itu fasilitas maupun sumber daya manusia sehingga anak semakin nyaman dan aman di sekolah.

“Kedepan kita akan terus berbenah untuk kemajuan pendidikan anak-anak,” ujar Atni.

Untuk itu kata Atni, perlu kerjasama dengan semua pihak dan dukungan orang tua. “Kami perlu bimbingan DPPKBP3A, Dinas Dikpora, P2TP2A dan dukungan orang tua wali murid, tanpa dukungan dan partisipasi orang tua serta pihak terkait, tentu sulit bagi kami mewujudkan sekolah ramah anak,” ujarnya.

Kabid Paudni Dikpora Jaafar Sodik menyambut baik di deklarasikan Paud Terpadu Pertiwi sebagai sekolah ramah anak. Untuk itu ia mengajak semua pihak untuk mendukung Paud Terpadu Pertiwi menuju sekolah ramah anak.

Kepala Paud Terpadu Pertiwi Yurlanita, SPd AUD menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar telah menunjuk Paud Terpadu Pertiwi sebagai sekolah ramah anak sesuai dengan SK Dikpora Nomor 420/Dikpora/ PAUD/2034.

“Dengan telah ditunjuknya sebagai Sekolah Ramah Anak yang dideklarasikan saat ini, maka selanjutnya perlu pembenahan lebih lanjut,” ujarnya.

Kemudian yang paling utama kata Yurlanita, adalah menyamakan persepsi antara guru dan orangtua dalam mendidik anak. “Disekolah, guru sudah mendidik anak dengan sedemikian rupa, muka manis, kata-kata lembut, senyum dan ini juga harus dilakukan orang tua dirumah,” ujar Yurlanita.

Kemudian pada kesempatan tersebut Kabid Perlindungan Anak DPPKBP3A Kabupaten Kampar Satiti Rahayu menyampaikan materi tentang SRA. Untuk mewujudkan SRA ini perlu kerjasama tiga komponen yakni guru, siswa dan orang tua.

Kasi Perlindungan Perempuan dan Anak DPPKBP3A Lindawati menyampaikan dengan semakin banyaknya sekolah ramah anak akan mendukung Kabupaten Kampar sebagai Kabupaten layak anak.

“Kalau dua tahun terakhir Kampar mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak kategori pratama, maka kedepan diharapkan naik menjadi Madya atau Nidya,” harap Lindawati.(Herman Jhoni)