Bupati Rohul Buka Sosialisasi Pelatihan Muatan Lokal Budaya Melayu Riau

0
169

PASIRPENGARAIAN(AuraNEWS.id) – Sosialisasi Pelatihan Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) ditaja oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hulu bekerja sama dengan Yayasan Geraha (Percetakan buku BMR) di Gedung Darma Wanita Pasir Pengaraian Rokan Hulu dibuka oleh Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman

Bupati H. Sukiman dalam sambutannya mengatakan budaya dan tradisi perlu dipelajari untuk melestarikannya agar terus berkembang dalam masyarakat.

“Dalam mempelajari budaya Melayu, juga mendidik pembentukkan karakter generasi muda,” jelas H. Sukiman.

Sosialisasi dihadiri seluruh Kepala SD/MI dan SMP/MTs se-Kabupaten Rokan Hulu, Sabtu (20/7/2019) sangat penting terkait dengan masalah sertifikasi, kesulitan mempelajari Arab Melayu dan lain sebagainya sehingga terbentuk ruang diskusi dengan LAMR agar materi BMR tidak hanya Arab Melayu saja tetapi budaya, tradisi, dan sastra daerah menjadi bahan dalam pembelajaran Budaya Melayu yang menyatukan dan merangkul nilai-nilai kebaikan.

Sementara itu Ketua MKA Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Datuk Seri Al Azhar menjadi narasumber sosialisasi tersebut mengatakan, muatan lokal BMR bukan hanya fokus pada tulisan Arab Melayu saja yang memaksakan guru Agama Islam untuk mengajarkan kepada peserta didik tetapi juga budaya lokal yang berada di daerah Riau.

“Diskusi di LAMR terkait materi dalam BMR menghasilkan kolaborasi tradisi, sastra, dan budaya perlu diberikan kepada peserta didik agar bisa membangkitkan batang terendam sehingga budaya dan sastra tempatan tetap terjaga dan hidup di dalam masyarakat dan semua dikemas dalam buku BMR,” jelas Datuk Al Azhar.

“Rokan Hulu banyak tradisi yang bisa dilestarikan dan dihidupkan kembali budaya untuk membentuk jalinan silaturrahmi dan kedekatan keluarga di sekitar kita dan akan membentuk karakter diri generasi muda dengan nilai-nilai yang ada dalam budaya peninggalan nenek moyang kita terdahulu,” pungkasnya.

Kontributor : Suyatri Yatri

Editor : MS Faidar