Peluang Ashelfine Pada Pilkada Sijunjung 2020

0
256

SIJUNJUNG -(auranews.id)- Ashelfine, SH.MH, yang akrab disapa Pepen,
adalah sosok yang sudah tak asing bagi masyarakat Kabupaten Sijunjung. Selain sebagai pengusaha, beliau adalah Notaris sukses di kota Pekanbaru, provinsi Riau.  Dibanding bakal calon lainnya yang sudah banyak mengapung, Ashelfine juga punya nama dan popularitas yang sudah merata di delapan kecamatan di Ranah Lansek Manih. Ia bukan wajah baru, tetapi veteran dalam Pilkada Sijunjung.

Pada Pilkada 2015 lalu, ia merupakan calon Bupati Sijunjung yang berpasangan dengan H. Alpian Kasir. Saat itu Ashelfine didukung oleh partai HANURA,  PKS serta partai PPP.

Kala itu, pasangan Ashelfine-H. Alpian Kasir yang merupakan ketua DPC Partai PPP Sijunjung  ini mendapat nomor urut 3, lalu pasangan Yuswir Arifin-Arrival Boy nomor urut 2, kemudian Muchlis Anwar-Maiyetrinaldi nomor urut 1.

Sebagai pendatang baru di Pilkada Sijunjung, perolehan suara Ashelfine-Alpian Kasir kala itu cukup mengejutkan banyak kalangan, karena berhasil mendapat suara yang lumayan banyak, yakni sekitar 26 ribu suara dengan basis suara di Kecamatan Sijunjung.

Meski memperoleh suara yang banyak, namun Ashelfine harus mengakui keunggulan Yuswir Arifin-Arrival Boy sebagai Petahana dengan perolehan suara yang mencapai sekitar 34 ribu suara.

Berpatokan pada Pilkada 2015 lalu, Ashelfine sangat berpeluang mendapat kembali simpati masyarakat Kabupaten Sijunjung. Karena banyak pendapat, perolehan 70 persen suara dari 26 ribu suara di Pilkada 2015 lalu, merupakan hasil elektabilitasnya selama masa perkenalan dan masa kampanye, baru kemudian ditambah elektabilitas pasangannya, H. Alpian Kasir.

Peribadinya yang terbuka dan mampu menarik simpati masyarakat kala itu, bahkan sempat disebut-sebut sebagai  kuda hitam jika melihat  saingannya di Pilkada 2015 itu yang merupakan bupati (Yuswir Arifin, red) petahana nomor urut 2, serta  wakil bupati (Muchlis Anwar, red) petahana di nomor urut 1.

“Kalau kita berbicara soal peluang, saya rasa peluang Ashelfine untuk memenangkan Pilkada 2020 nanti semakin terbuka, apalagi saat ini beliau adalah ketua partai DPD PAN Sijunjung, ditambah bakal calon yang sudah muncul saat ini memiliki keterkenalan yang merata, tidak ada yang terlalu  berlebih. Namun  soal bertambah atau tidaknya perolehan suara Ashelfine pada Pilkada 2020 dibanding Pilkada 2015 lalu, tergantung dengan kesungguhan dan keseriusan tim pemenangan nantinya, didukung keseriusan kader dan simpatisan partai pengusung dan partai pendukung untuk memenangkan beliau,”sebut Adriyas, salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Koto VII, pada Auranews.id, Sabtu (13/7).

Pengalamannya pada pemilu 2015 lalu, sambung Adrial, adalah modal terbaik Ketua PAN Sijunjung itu untuk  bertarung lagi dalam perhelatan Pilkada serentak 2020 mendatang.

Karena tidak bisa dipungkiri, jelasnya, Ashelfine masih punya sisa-sisa popularitas yang telah  terbangun saat mengikuti Pilkada 2015 lalu.

“Sekarang, kita tinggal melihat siapa pasangannya nanti, karena tidak bisa dipungkiri, kemenangan seseorang itu dalam Pilkada tergantung pasangannya masing-masing, jika pasangannya mampu mendongkrak perolehan suara, maka kemenangan bisa diperoleh, tapi apabila pasangannya tidak memiliki ketersukaan di tengah masyarakat, maka peluang untuk mendulang suara akan tipis,”pungkas Adriyas.

Menurut Adrias, peluang Ashelfine bertambah besar untuk menang karena berasal dari kecematan dengan jumlah pemilih terbanyak di Kabupaten Sijunjung, yakni Kecamatan Sijunjung yang mencapai 34 ribu pemilih.

Sementara itu terkait siapa pasangan Ashelfine yang paling cocok dan mampu mendulang suara nantinya, Seorang tokoh muda, Muhammad Hatta menyebut, bahwa pasangan Ashelfine yang paling serasi dan akan mampu meraih simpati masyarakat adalah sosok  H.Hendri Susanto, Lc.

Kader terbaik PKS itu, sebut Hatta merupakan sosok yang telah dikenal luas oleh masyarakat, mulai dari kaum bapak-bapak, kaum emak-emak, bahkan kawula muda.

Selain itu, H. Hendri Susanto sudah dua kali terpilih sebagai anggota DPRD Sijunjung, dan saat ini pria yang sangat akrab disapa Ustadz itu menjabat sebagai Ketua Fraksi PKS di  DPRD Sijunjung.

“Beliau (Hendri Susanto, red) adalah tokoh muda Sijunjung yang sudah dikenal banyak lapisan masyarakat, baik sebagai anggota dewan, ataupun sebagai seorang Da,i atau penceramah. Karena sosoknya yang santun dan mampu mengayomi akan menjadi nilai tambah bagi seorang Ashelfine,”jelas Hatta.

Sebagai anggota DPRD dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Sijunjung, H.Hendri Susanto ini, sambung Hatta, akan sangat berpeluang mendapat simpati pemilih di Dapil 3 tersebut.

“Jika Ustadz Hendri Susanto ini maju, masyarakat kecamatan Tanjung Gadang akan sangat bangga, dan itu mampu menghasilkan suara yang dominan untuk Ashelfine-Hendri Susanto ini,”jelas Hatta,  saat menanggapi soal pasangan yang paling cocok untuk Ashelfine, Sabtu (13/7).  (Hendri)