Keadilan Dabson di PN Bangkinang Tertunda

0
188

BANGKINANGKOTA(auranews.id) – Akibat ketidakhadiran tergugat 1 pihak Polres Kampar dalam sidang praperadilan antara tim kuasa hukum Dabson aktivis yang disangkakan melakukan tindak pidana penghasut orang ke Pengadilan Negeri Bangkinang, Senin (8/7) membuat keadilan bagi tersangka menjadi tertunda.

Majelis hakim yang menyidangkan perkara ini Meni Warlia, SH. MH menunda sidang karena pihak tergugat 1 tidak bisa hadir, walaupun pihak tergugat 2 dari kejaksaan sudah hadir.

“Sidang kita tunda sampai hari Kamis tanggal 11 Juli, karena pihak tergugat 1 kemaren mengirimkan surat ketidak hadirannya dikarenakan ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan di Polresta Pekanbaru,” ungkap Hakim Meni.

Sekedar diketahui, Dabson salah seorang aktivis yang selalu mendampingi masyarakat Koto Aman, Kecamatan Tapung Hilir untuk melakukan demo ke PT. Sekar Bumi Alam Lestari (SBAL) untuk menuntut hak petani.

Dalam aksi itu penyidik reskrim polres Kampar menahan Dabson dengan tuduhan melanggar pasal pasal 160 KUHP tentang penghasutan yang berdampak pada perbuatan pidana.

Awalnya, penyidik sudah beberapa kali mengirimkan surat pemanggilan untuk melakukan penyelidikan terhadap tersangka. Lantas tersangka tidak pernah mengindahkan pemanggilan tersebut, dan akhirnya penyidik lansung melakukan penahanan paksa.(Red)