OSN 2019 Riau Peringkat 6 Nasional

0
59

PEKANBARU- (auranews.id)- Kontingen Riau berhasil meraih peringkat keenam Nasional dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) Riau tingkat SD, SMP di Yogyakarta dan SMA di Manado.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengapresiasi  keberhasilan ini, dan mengaku bangga dimana kontingen Riau  menempati  peringkat 1 di pulau Sumatera.

“Alhamdulillah anak-anak kita yang kita lepas untuk mengikuti OSN berhasil membawa prestasi di tingkat nasional,” ungkap Syamsuar.

Gubri mengatakan, prestasi yang berhasil diraih putra putri terbaik Riau tersebut akan menjadi pedoman untuk meningkat prestasi yang lebih baik lagi.

“Kita tak boleh bangga sampai di situ saja, tapi bagaimana prestasi yang sudah kita peroleh dapat ditingkatkan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau Rudyanto mengatakan, prestasi pendidikan di Riau khususnya di ajang OSN sejak tiga tahun terakhir semakin meningkat dari tahun sebelumnya.

“Prestasi anak-anak kita kalau dibandingkan dengan provinsi lain di pulau Sumatera lebih baik. Di Sumatera Riau nomor satu terbaik di ajang OSN,” ujarnya.

Berdasarkan hasil tahun ini Riau berada di posisi peringkat 6 OSN tingkat nasional 2019, dengan rincian 5 emas, 4 perak, 7 perunggu.

Sedangkan OSN tingkat SD Riau berada di peringkat 5 nasional dengan torehan 1 emas dan 3 perak. OSN SMP peringkat 6 nasional dengan 2 emas dan 1 perunggu. Dan OSN SMA, Riau peringkat 9 nasional dengan membawa 2 emas, 1 perak dan 6 perunggu.

Berikut provinsi peraih mendali yang masuk 10 besar OSN tingkat SD, SMP dan SMA di Jogjakarta dan Manado:

1. DKI Jakarta 21 emas, 24 perak dan 25 perunggu

2. Banten 10 emas, 16 perak dan 23 perunggu

3. Jawa Barat 9 emas, 19 perak dan 21 perunggu

4. Jatim 8 emas, 25 perak dan 26 perunggu

5. Jawa Tengah 8 emas, 13 perak dan 20 perunggu

6. Riau 5 emas, 4 perak dan 7 perunggu

7. Yogyakarta 3 emas, 10 perak dan 8 perunggu

8. Sumatera Utara 3 emas, 5 perak dan 3 perunggu

9. Sumatera Selatan 2 emas, 3 perak dan 7 perunggu

10. Bali 1 emas, 2 perak dan 7 perunggu.

(Ferry Anthony)