Terlibat Pidana Pemilu, JPU Tuntut Istri Kades Batu Gajah 3 Bulan Penjara

0
275

BANGKINANG KOTA -(auranews.id)- Amiati istri Kepala Desa Batu Gajah, Kecamatan Tapung yang merupakan terdakwa pidana pemilu dituntut 3 bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri (PN) Bangkinang, Selasa (18/6/2019).

Dalam salinan tuntutan yang dibacakan JPU Jumiko Andra dihadapan Hakim PN Bangkinang, JPU menyakinkan terdakwa terbukti bersalah melakukan pidana pemilu dengan cara membagikan Gula, Minyak goreng, Teh Celup dan menjanjikan untuk memberi uang kepada masyarakat.

“Akibat perbuatan yang dilakukan, terdakwa telah melanggar pasal 278 ayat 2 tentang pidana Pemilu, dan memohon kepada majelis Hakim untuk menjatuhkan 3 bulan penjara kepada terdakwa dan denda 10 juta subsider 3 kurungan,” tutur JPU dalam tuntutannya.

Lebih lanjut, JPU menyampaikan, ada 8 kartu nama caleg didalam bingkisan yang dibagikan terdakwa kepada masyarakat.

“Diantaranya kartu nama Muslimawati Catur yang merupakan Caleg DPRD Kampar dari partai PPP, kemudian Adriyan caleg DPRD Riau dari Gerindra, dan Said Bahri Caleg DPR RI dari Gerindra,” tukas Jumiko.

Atas tuntutan yang dilayangkan JPU kepada terdakwa, penasihat hukum terdakwa Muhammad Rais mengajukan pembelaan. “Kami akan melakukan pembelaan pak hakim,” tutup Rais.

Hingga berita ini diturunkan, sidang yang dipimpin Hakim Unggul Tri E.M bersama Ahmad Fadil dan Nurafriani sebagai anggota, menutup persidangan hingga besok sore dengan agenda pembelaan.

“Untuk pembelaan sidang kita tunda sampai besok sore,” tutup Unggul.(Defrizal)