Dandim Aidil Ikuti Tradisi Hari Raya Enam Ziarah Kubur di Desa Muara Uwai

0
378

BANGKINANG KOTA -(auranews.id) – Komandan Kodim (Dandim) 0313/KPR, Letkol Inf Aidil Amin Hasan, SIp, MIPol bersama Gubernur Riau, Drs Syamsuar, MSi serta Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, SH ikut larut dalam perayaan hari raya 6 yang sudah menjadi tradisi masyarakat Bangkinang dan sekitarnya di Kabupaten Kampar.

Acara yang digelar di Masjid Almujahidin Desa Muara Uwai, Kecamatan Bangkinang, Rabu (12/6/2019) ini dibuka secara resmi oleh Gubri Syamsuar. Selain itu, kegiatan ini tampak juga di hadiri sejumlah Forkopimda Kampar, Kepala OPD, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat.

Perayaan hari raya 6 di Bangkinang sekitarnya selalu dibarengi dengan ziarah kubur ke pemakaman para leluhur persukuan yang ada di Kabupaten Kampar.

“Selamat merayakan hari raya ke 6 bagi warga Bangkinang sekitarnya. Hari Ayo Onam (Rayo enam) tidak hanya ziarah kubur yang mengingatkan kita akan kematian. Tetapi hari raya enam juga adalah ajang silaturahmi dengan seluruh kerabat keluarga, dunsanak kita, baik ada di kampung maupun yang ada di rantau,” tutur Abituren Akmil 2001 ini.

Sebagai putra Ocu asli kelahiran Kampar, Dandim Aidil turut serta menyampaikan ucapan selamat merayakan tradisi ziarah kubur ini ke masyarakat Kampar, khususnya Bangkinang. Selain ziarah kubur, kegiatan ini juga ajang mempererat tali silaturahmi antar sesama umat muslim.

“Ini tradisi yang syarat dengan nilai religius, karena mengingatkan kita akan kematian dan kuasanya sang khalik serta nilai budaya yang dilestarikan dalam menjalin silaturrahmi antar persaudaran,” tutupnya.(FLS)