Pancasila Di Mata Generasi Milineal

0
106

Nama Penulis : Jamaludin hidayatulloh
Prodi : PPKn FKIP UNRI
Semester : 7

“Pancasila Di Mata Generasi Milineal”

Di Era Reformasi ini bangsa Indonesia belum sepenuh nya stabil. Berbagai Permasalahan terkait bangsa di berbagai bidang kini kian kita rasakan. Perpecahan antar golongan kini semakin sering kita lihat, di karenakan perbedaan pendapat.

Di tambah lagi Kondisi perekonomian Indonesia kini kian melemah. Angka Pengangguran yang cukup tinggi. Sistem Pendidikan yang kurang memadai, banyak guru-guru yang tidak mendapatkan hak nya sebagaimana mestinya, fasilitas yang diberikan jauh dari kata layak, anak-anak bangsa banyak yang putus sekolah, karena tingginya biaya pendidikan. Keadilan kini kian jauh dari kata adil, masih banyak masyarakat di Indonesia belum terpenuhi hak-hak nya.

Indonesia pada saat ini berada dalam kehidupan di uji coba. Paham radikalisme yang bertentangan dengan pancasila sudah mulai, bermain di hati warga Negara nya. Upaya pemberantasan itu hingga ke akar nya tentu sangatlah di wajibkan.

Ibarat pohon saja, jika kita hanya menebang batang nya saja maka akar nya akan tetap tumbuh. Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan kebangsaan, dari keyakinan bahwa pancasila sebagai dasar Negara, Falsafah Negara tetap mengandung nilai dasar yang relevan dengan proses kehidupan dan perkembangan dalam berbangsa dan bernegara.

Landasan – landasan tersebut seharus nya semakin memperkokoh pancasila di Indonesia.

Saat ini kaum milineal gagal paham dalam memaknai nilai-nilai pancasila yang ada . pancasila kini kian melemah di kalangan generasi milinea tepat nya kaum muda, kini kaum muda mulai kehilangan nalar kritis terkait permasalahan bangsa.

Kaum muda yang di harapkan menjadi penerus kepemimpinan bangsa ternyata abai terhadap tugas nya yang tertuang di dalam nial-nilai pancasila.

Tantangan kaum muda pada saat ini bukan hanya sebatas mensosialisasikan jargon “kita pancasialis”, tetapi bagaimana kita sebagai kaum muda bisa melakukan tindakan yang sesuai dengan pancasila. Salah satu nya di kampus, kita sebagai kaum muda harus mampu membuat ide ide dan gagasan untuk kepentingan besama dalam memperjuangakan keadilan dan mempunyai pengetahuan yang luas.

Hal yang patut kita koreksi dalam momentum hari kelahiran pancasila ini adalah bagaimana kita menjawab tantangan untuk dapat membumikan pancasila melalui generasi milineal yang pada saat ini serba teknologi, agar tidak luntur termakan oleh zaman dan tidak hanya sebagai slogan semata saja.

Dalam rangka memperingati hari kelahiran pancasila tepat pada tanggal 1 juni 2019, ada beberapa hal yang harus sama-sama kita perhatikan dan kita laksanakan dalam membumikan pancasila, yaitu terdapat 4 Pilar :

Sebagai kaum muda, pancasila harus sebagai keyakinan dan pendirian yang asasi, yang harus di perjuangkan.

Menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila , harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengemas pancasila dengan cara kekinian, dengan menanamkan dan mensosialisasikan nilai-nilai pancasila dengan menggunakan IPTEK.

Generasi milineal pada saat ini harus berpikir kritis sehingga mampu menyeleksi paham yang anti pancasila dalam berbagai bidang.