Siswa SMP Islam Terpadu Lentera, Tunaikan Zakat Fitrah di Sekolah

0
215

ROKAN HULU(AuraNEWS.id) – Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh umat muslim untuk membayar zakat fitrah di bulan Ramadan, bulan yang penuh keberkahan, selain sebagai salah satu Rukun Islam, menunaikan zakat juga merupakan cara membangun kepekaan dan solidaritas sosial.

Seperti yang dilakukan siswa SMP Islam Terpadu Lentera, Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, dimana pada bulan Ramadan tahun ini mereka melakukan pembayaran zakat fitrah di sekolah SMP Islam Terpadu Lentera. Tujuannya tentu saja sebagai sarana melatih kepedulian terhadap sesama manusia, juga membangun solidaritas antar manusia, dan semangat solidaritas itu perlu di tumbuhkan sejak dini.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, dari tanggal 28 Mei sampai 29 Mei 2019, seperti yang dikatakan Ustadzah Yuni Lestari, S.Pd, selaku Amil Zakat yang bertugas mengumpulkan zakat fitrah siswa SMP Islam Terpadu Lentera.

“Tujuan utamanya tentu memberi kesempatan kepada siswa agar belajar langsung cara membayar zakat fitrah, kemudian juga ijab qobul dalam pembayaran zakat fitrah. Untuk tahun ini kami selaku Ustadz dan Ustadzahnya masih turun langsung dalam kepanitiaan, tetapi Insya Allah tahun depan, siswa dilibatkan secara keseluruhan, mulai dari kepanitiaan juga pendistribusian zakat fitrah kepada yang membutuhkan di sekitar lingkungan sekolah,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMP Islam Terpadu Lentera, Ustadzah Novit Susanti, S.Pd.I juga memberikan tanggapan mengenai kegiatan pembayaran zakat fitrah disekolah ini, Rabu (29/5/2019).

“Perlu sekali melibatkan anak sejak dini dalam hal ibadah, salah satunya adalah membayar zakat fitrah, selain pengalaman bagi mereka, anak juga bisa melihat kondisi riil masyarakat yang fakir dan miskin, dengan begitu kepekaan sosialnya akan semakin terbentuk dan akan kami maksimalkan kegiatan ini di tahun depan, Insya Allah,” paparnya.

Kontributor : Yuni Thahiraa

Editor : MS Faidar