Wabup Meranti Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Muara Takus 2019

0
45

MERANTI -(auranews.id)- Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Muara Takus 2019, kegiatan untuk meningkatkan Sinergitas Polri dengan Instasi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan kenyamanan masyarakat pada perayaan Idul Fitri 1440 H mendatang dipusatkan di Halaman Mapolres Meranti, Selasa (28/5/2019).

Hadir dalam kesempatan itu, Kapolres Meranti AKBP. La Ode Proyek, Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner M.Si, Kepala Dinas Perindag Meranti Drs. Azza Fahroni, Danramil Selatpanjang Mayor TNI Irwan, Ketua MUI Meranti H. Mustafa M.Ag, Perwakilan Kejari Meranti, Danposal, Kepala Imigrasi Selatpanjang, Tokoh Meranti H. Syahril, Satuan Pengaman Satpol PP, Dinas Pehubungan Meranti dan lainnya.

Operasi Ketupat Muara Takus 2019 ditandai dengan pemasangan Pin operasi yang dilakukan oleh pembina Apel Kapolre Meranti La Ode Proyek kepada perwakilan satuan Polisi, Dinas Perhubungan dan TNI.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut dalam rangka cipta kondisi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya pada perayaan Idul Fitri 1440 H yang akan datang.

Ia berharap, melalui kegiatan ini dapat tercipta sinergitas antara pihak keamanan TNI/Polri serta Instansi Pemerintahan terkait, sehingga pada pelaksanaanya nanti dapat berjalan sesuai yang harapan.

“Ini merupakan upaya yang baik dari pihak Kepolisian dibantu TNI dan isntansi lainya dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat semoga dengan upaya optimal dari masing-masing instansi mampu mengantisipasi segala bentuk kerawanan Kamtibmas yang kemungkinan terjadi, mari kita dukung upaya pengamanan ini,” ucap Wakil Bupati.

Seperti dijelaskan Kapolres Meranti AKBP. La Ode Proyek, direncanakan Operasi Ketupat Muara Takus akan digelar mulai Tanggal 13 Mei 2019 Tepat Pukul 24.00 Wib dan akan berakhir pada 10 Juni 2019 mendatang.

Dikatakannya, Operasi Ketupat kali ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena bersamaan dengan tahapan Pemilu 2019 yang akan membuat potensi kerwawanan semakin kompleks.

Adapun yang perlu diwaspadai adalah berbagai gangguang kejahatan, intoleransi, gangguang tranportasi darat dan laut, dan yang tak kalah penting ketersediaan barang pokok dan stabilitas harga dipasaran.

“Hal ini menjadi potensi kerawanan yang harus diantisipasi,” ucap Kapolres.

Seperti tahun-tahun sebelumnya lokasi proritas operasi meliputi kawasan keramaian seperti Terminal/Pelabuhan, dan pusat-pusat perbelanjaan serta tempat ibadah.

Lebih jauh disampaikan Kapolres, dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya operasi ditahun 2018 menunjukan keberhasilan yang sangat baik.

Dimana gangguan kejahatan dan teror dimasyarakat dapat ditekN, begitu juga stabilitas dan ketersediaan bahan pokok dipasaran dan yang tak kalah penting arus mudik berjalan dengan aman dan lancar.

“Kita berharap dengan sinergitas yang baik yang didukung dengan sumberdaya yang ada keberhasilan tahun-tahun sebelumnya dapat dipertahankan jika perlu lebih baik lagi,” pungkas Kapolres.

Sekedar informasi dalam Apel Gelar Pasukan tersebut juga dikemas dengan acara pemusnahan barang bukti Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) diwilayah Hukum Mapolres Meranti. Pemusnahan barang bukti ditandai dengan penghancuran botol minuman keras secara simbolis oleh Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim dan Kapolres Meranti AKBP. La Ode Proyek diikuti oleh perwakilan Forkopimda dan tokoh agama.

Adapun barang makanan dna minuman yang menjadi objek pemusnahan berupa, Minuman Keras Ilegal, Buskuit dna Minuman Kadaluarsa, Makanan tak berizin dan lainnya dengan jumlah seribuan. (Humas Pemkab. Meranti).