Terlibat Pencurian, Oknum PNS Dinas PUPR Rohul Diamankan Polsek Rambah 

0
629

ROKAN HULU(AuraNEWS.id) – Satu dari empat Pelaku Pencurian Besi Portal di Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang telah menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak beberapa bulan lalu, berhasil diamankan oleh Unit Reskrim Polsek Rambah Polres Rohul.

Pelaku Hen yang juga merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas PUPR Rohul ini, berhasil diamankan saat sedang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rohul, Rabu (8/5/2019) sekitar Pukul 17.00 WIB.

Berdasarkan surat lap nomor : DPO/06/XI/2018/Reskrim, tanggal 01 November 2018, tersangka Hen, warga kelahiran Kota Pekanbaru 28 Juli 1974, bekerja sebagai PNS Dinas PUPR Rohul, berdomisili di Jalan Hang Tuah Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah Kabupaten Rohul yang telah melakukan pencurian besi Portal di Dusun Jaya Baru RT 02 RW 05 Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah pada Selasa (23/10/2018) lalu.

Kapolres Rokan Hulu AKBP M. Hasyim Risahondua, SIK, M.Si melalui Kapolsek Rambah AKP Hermawan mengatakan sebelumnya Polsek Rambah mendapat laporan dari Kepala Desa Sialang Jaya Yuherman Daulay pada (23/10/2018) beberapa waktu lalu.

Kejadian berawal saat Kades Yuherman didatangi oleh warganya bernama Amril dan melaporkan bahwa Besi Portal di Desa Sialang Jaya telah dibongkar oleh Hen, Dm dan dua orang tidak dikenal, Kemudian Kades menanyakan, “kenapa dibongkar itu kan punya Desa Sialang Jaya,” tegasnya.

Mendengar pengaduan warga, Kades langsung meluncur ke TKP dan mengecek portal tersebut, ternyata benar bahwa besi portal tersebut sudah tidak ada lagi, atas kejadian tersebut Kades pun membuat Laporan Polisi ke Polsek Rambah sesuai dengan nomor : Lp/48/ X/2018/Res. Rohul/Sek. Rambah, tanggal 25 Oktober 2018.

Berdasarkan laporan tersebut Polisi bergerak cepat dalam satu jam kemudian Tersangka Dm beserta Barang Bukti 1 (satu) unit mobil Dump Truk dan besi portal berhasil diamankan, setelah dilakukan interogasi Dm mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian besi portal milik desa, namun dirinya  hanya disuruh oleh Hen untuk membongkar besi portal tersebut.

Setelah mendapat keterangan dari Dm, petugas langsung memburu otak pelaku pencurian untuk dilakukan penangkapan terhadap Hen tetapi saat itu Hen berhasil melarikan diri.

Sedangkan DM ditahan di Polsek Rambah dan berkasnya telah dikirim ke JPU dan telah dinyatakan lengkap atau P-21 dengan Nomor : B-2068 /N.4.16.7/Epp.1/12/2018, tanggal 10 Desember 2018

Selanjutnya pada Rabu (8/5/2019) saat petugas kepolisian sedang melihat korban penusukan di RSUD Rokan Hulu petugas melihat Hen salah satu DPO yang sedang dicari, tanpa membuang waktu petugas langsung melakukan penangkapan dan membawa terduga Pelaku ke Polsek Rambah untuk di proses lebih lanjut.

Reporter : Alfian Tob

Editor : MS Faidar