Kurma Menjadi Makanan Favorit di Bulan Ramadhan

0
100

(AuraNEWS.id) – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia bagi segenap umat Islam di seluruh penjuru dunia. Ada banyak sisi yang berbeda di saat bulan Ramadhan yang tidak sama seperti hari-hari biasa. Ada keseruan tersendiri ketika seseorang tengah menjalankan ibadah puasa. Bagi seseorang yang mengaku dirinya beragama Islam, maka berpuasa tentu  menjadi sesuatu yang wajib, kecuali bagi orang-orang yang berhalangan untuk melaksanakan ibadah puasa.

Hal mengasyikkan lainnya ketika bulan puasa adalah ketika seseorang membeli aneka jenis makanan dan juga minuman ketika menjelang berbuka puasa. Bahkan, tidak jarang ada yang berbagi takjil di bulan penuh berkah ini sehingga di sepanjang jalan akan anda temui banyak makanan dan minuman yang dibagikan untuk orang-orang yang berpuasa.

Untuk dapat menjalankan puasa selama satu bulan penuh sesungguhnya itu merupakan hal yang sulit, karena seseorang harus mampu menahan lapar serta juga haus dan itu menjadi tantangan yang cukup berat, terlebih ketika di awal-awal mulainya ibadah puasa.

Hal itu sangatlah wajar karena tubuh seseorang tengah beradaptasi dengan sesuatu yang baru, dimana sebelumnya aktif sarapan di waktu pagi hari, maka di bulan puasa seseorang harus melakukan sahur dini hari. Akhirnya, perasaan lesu, lelah menjadi hal yang biasa terjadi pada diri seorang manusia.

Untuk seseorang yang sedang menjalankan ibadah puasa, selain memastikan bahwa ia sudah melaksanakan sahur dan memperbanyak konsumsi air putih, maka ada juga resep tambahan yang bisa membuat ia bisa tetap melakukan aktifitas. Yaitu, dengan mengkonsumsi kurma yang menjadi salah satu tradisi tidak tertulis selama bulan Ramadhan.

Di bulan nan suci dan penuh ampunan ini, penjualan kurma biasanya akan meningkat drastis dan stoknya pun lebih melimpah. Selain rasanya yang manis, buah satu ini juga memiliki berbagai manfaat dan sangat tepat untuk membantu seseorang supaya senantiasa segar dan bugar selama menjalankan ibadah puasa.

Kata kurma sendiri telah banyak disebut dalam hadist. Bahkan, Al-Qur’an juga menyebutnya sebanyak 21 kali. Hal ini menjadi bukti bahwa buah kurma merupakan jenis buah yang paling banyak disebutkan di dalam Al-Qur’an sehingga tentu saja buah ini menjadi buah yang spesial di dalam pandangan Islam.

Hadis pun juga menerangkan tentang kurma beserta bagaimana cara memakan kurma saat berbuka puasa, untuk sarapan, untuk campuran minuman tertentu dan untuk dijadikan makanan bayi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti pangan, kurma menjadi makanan yang sangat ideal, lantaran ia menyediakan jenis nutrisi esensial yang sangat lengkap sehingga menjadi baik untuk kesehatan. Hasil ini tentu saja mempunyai suatu potensi bahwa kurma dapat dijadikan sebagai bahan makanan terbaik di era mendatang.

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa kurma menjadi makanan yang ideal untuk menjadi menu di bulan Ramadhan.

Berdasarkan hasil dari perbandingan analisa laboratorium USDA dengan produk pangan yang lain seperti beras, bayam, pisang, durian, anggur, apel, buah tin, kentang, mangga dan juga kiwi menunjukkan bahwa kurma mempuyai unsur atau kandungan nutrisi yang paling baik terdiri dari kalori, karbohidrat, serat tertinggi, lemak terendah dan tanpa ada kandungan kolesterol di dalamnya.

Di samping itu, kurma juga memiliki kandungan vitamin yang sangat lengkap yang terdiri dari delapan macam vitamin dan juga kandungan elektrolit dan juga mineral paling tinggi. Bahkan, kurma masih memiliki kandungan Phytonutrients misalnya betacaroten dan 23 Asam Amino.

Banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk mengkonsumsi jenis kurma karena ini menjadi jenis makanan paling sehat. Selain bentuk aslinya, sudah ada sajian kurma yang diolah menjadi suplemen atau makanan sehat tambahan.

Serbuk sari bunga jantan pada kurma sangatlah berguna untuk membantu kesuburan para wanita. Sementara akar dari kurma sendiri sangat bermanfaat untuk meningkatkan kejantanan pria. Sedangkan untuk saripati nya bisa membantu meningkatkan kesehatan dan layak di konsumsi untuk semua usia.

Cara konsumsi buah kurma ini juga sangat sederhana. Di samping bisa di olah, kurma yang di jual secara luas di pasaran juga dapat di konsumsi secara langsung. Akan tetapi, Nabi menyarankan kepada manusia untuk mengkonsumsi buah kurma ini dalam jumlah yang ganjil mulai dari 3, 5 atau 7. Tujuannya adalah agar seseorang bisa terhindar dari adanya sihir pada hari tersebut.

Selain tercukupinya nutrisi dalam tubuh Anda, kurma ternyata masih memiliki manfaat yang lain, yaitu untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh orang yang mengkonsumsinya sehingga ia menjadi terhindar dari berbagai macam penyakit. Dan ketika di konsumsi saat Ramadhan, tubuh juga akan tetap bugar seharian.

Demikianlah artikel yang berjudul kurma menjadi makanan yang disukai saat bulan ramadhan ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga pembaca nantinya bisa tahu alasan mengapa buah kuma menjadi makanan favorit di bulan ramadhan ini.

*Penulis : RESKI ALFAJRI 

*Penulis merupakan mahasiswa STKIP ROKANIA Kabupaten Rokan Hulu, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), selain itu penulis juga aktif berkecimpung di Komunitas Pegiat Literasi Rokan Hulu (PLR).

Penulis mengucapkan terimakasih kepada Dosen Pengampu Mata Kuliah Menulis Karya Ilmiah, Misra Nofrita, S.S., M.Pd.

Editor : M.SYARI FAIDAR