Majelis Hakim PN Rengat Vonis 2 Napi Tahanan Narkoba Kejaksaan Yang Kabur

0
387

RENGAT(auranews.id) – JPU (Jaksa Penuntut Umum) Kejari (Kejaksaan Negeri) lndragiri Hulu (lnhu) tidak dapat menghadirkan 2 orang terdakwa kasus kepemilikan Narkotika di Pengadilan Negeri (PN) Rengat.

Hal ini dikarenakan kedua terdakwa yang merupakan tahanan kejaksaan tersebut kabur (melarikan) diri dari Rutan Kelas ll b Rengat.

Keduanya kabur setelah berhasil mengelabui 2 orang petugas Kejari lnhu yang membawanya yang membawa mereka ke penginapan yang berbeda di lnhu.

Humas PN Rengat Immanuel MP Sirait SH dikonfirmasi Rabu (8/5/2019) membenarkan bahwa Vonis terhadap 2 orang terdakwa yang melarikan diri dari tahanan sudah dilakukan.

“Keduanya di vonis dalam Sidang terpisah, dimana Erik di Vonis pada Selasa (7/5/2019) kemarin, sedangkan Joni alias ljun di Vonis pada Rabu (8/5/2019),” terangnya.

Dijelaskan lmmanuel bahwa Erik Kasanova yang dituntut oleh JPU dengan 7 tahun kurungan di  Vonis dengan Hukuman 9 tahun kurungan, sedangkan Joni alias ljun yang dituntut 6 tahun kurungan di Vonis dengan 8 tahun kurungan.

“Keputusan ini lebih tinggi dari tuntutan jaksa dikarenakan terdakwa kabur dari tahanan, hal ini dijadikan sebagai hal yang memberatkan,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan lmmanuel bahwa sesuai dengan UU Kekuasaan Kehakiman nomor 48 tahun 2009 menegaskannya bahwa apabila JPU tidak dapat menghadirkan terdakwa 2 kali berturut-turut maka Majelis Hakim dapat mengambil keputusan.

“Karena pemeriksaan terhadap kedua terdakwa sudah dianggap selesai maka Majelis Hakim menjatuhkan Vonis terhadap kedua terdakwa,” pungkasnya.

Penulis: Ali Usman