Babinsa Koramil 12/XIII Koto Kampar Memberikan Materi Bela Negara di SMU 1 Batu Bersurat

0
184

KAMPAR -(auranews.id)- Koramil 12/XIII Koto Kampar, Batu Bersurat, Kodim 0313/KPR pada hari Rabu, (08/05/2019) pukul 09.12 WIB bertempat di SMAN I XIII Koto Kampar memberikan materi bela negara demi membentuk karakter pelajar yang patriot.

Pelajar adalah salah satu komponen masyarakat sebagai calon pengganti generasi yang saat ini sedang melaksanakan tugas belajar, apakah nantinya sebagai pemegang tongkat kepemimpinan dan berperan sebagai birokrat, teknokrat atau dapat juga sebagai calon prajurit TNI maupun Polri.

Menuju Indonesia Emas salah satunya dibutuhkan pelajar yang dapat serta diharapkan lahir menjadi sosok pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasilais, mempunyai kecintaan yang tinggi terhadap bangsa dan Negara, sehingga rela berkorban demi NKRI.

Salah satu program Kodim 0313/KPR yang dilakukan sebagai pembinaan teritorial dengan (Komunikasi sosial terhadap pelajar /siswa sebagai komponen masyarakat) adalah menjadikan pelajar sebagai sasaran pembinaan Generasi Muda seperti yang di Programkan oleh Kodim 0313/KPR.

Sebagai pelaksana Danramil 12/ XIII Koto Kampar bersama sama staf dan Babinsa wilayah XIII Koto Kampar sebagai wilayah binaan ramil 12.

Bertempat di  SMA Negeri 1 XIII Koto Kampar, Danramil 12/XIII Koto Kampar melalui Babinsa Koramil 12/ XIII Koto Kampar Serka Rioesby Isnan dalam memberikan arahan tentang Ancaman Kedepan dan Peran Generasi Muda Dalam menghadapi Ancaman Proxy WAR.

Acara dihadiri oleh wakil Kepala Sekolah, siswa SMA 24 orang. Dalam sambutannya Danramil 12/XIII Koto Kampar Kapten Arh Diding S yang diwakili Babinsa Koramil 12 XIII Koto Kampar Serka Rioesby Isnan, memberikan gambaran Proxy War yang menjadi trend dalam ilmu strategis khususnya bagi pelajar-pelajar sebagai generasi Bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa pelajar dan siswa merupakan suatu sasaran pembinaan Teritorial mampu mempersiapkan pelajar untuk ketersediaan pangan, air bersih dan energi.

“Maka di wilayah XIII Koto Kampar tidak akan ada muncul konflik yang dapat mengancam keamanan wilayah, sesuai dengan situasi dan kemajuan teknologi. Beberapa kepentingan kelompok saat ini mendorong munculnya perang-perang jenis baru di antaranya perang-perang proxy (proxy war),” ucap Serka Isnan.

Proxy war merupakan suatu konfrontasi antara dua kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti untuk menghindari konfrontasi secara langsung dengan alasan untuk mengurangi resiko konflik langsung yang berisiko pada kehancuran fatal.

Lebih jauh, Danramil 12 /XIII Koto Kampar Kapten Arh Diding S yang melalui Babinsa Koramil 12 XIII Koto Kampar Serka Rioesby Isnan menegaskan untuk mengatasi datangnya proxy war, upaya yang terbaik dan paling sederhana adalah back to basic. Cinta dan peduli terhadap kepentingan negara merupakan kepentingan tertinggi diatas segala-galanya.

“Untuk itu pelajar sebagai pengawal bangsa dengan bertindak sebagai Motor dan kebangkitan serta perubahan, seperti yang digelorakan para Pemuda melalui Sumpah Pemuda, menjadi tokoh dan contoh dilingkungan, menjaga ke utuhan Pancasila dan Kebhinekaan serta keberagaman,” sambung Serka Isnan.

Keinginan Kepala Sekolah agar kegiatan ini dilanjutkan dengan kegiatan ke Pramukaan yang berhasil untuk dapatnya Pembentukan Kader-kader Generasi Muda diantara pelajar ada melanjutkan Kuliah.

Demikian wujud serta penekanan ulang penyampaian kepada Guru dan Staf sebagai Guru hendaknya tetap siap menjadikan murid jadi kader Generasi Muda tetap berpedoman Etika, sopan santun, tatakrama sesama dengan menjalin talisilaturahmi sesuai budaya masyarakat kepulauan.

Demikian peran Danramil 12/ XIII Koto Kampar Kapten Arh Diding S melalui Babinsa Koramil 12 XIII Koto Kampar Serka Rioesby Isnan dalam pelaksanaan kegiatan ini sebagai Pembina Generasi Muda di SMA Negeri I XIII Koto Kampar berjalan dalam keadaan aman. (***)