Kebakaran Usai, Damkar Pun Tak Sampai

0
186

KAMPAR(auranews.id) – Kebakaran Usai, Damkar Pun Tak Sampai. Kata-kata tersebut menggambarkan kondisi armada Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kampar.

Hampir setiap ada kebakaran, mobil Damkar sering “telat” mencapai lokasi sijago merah mengamuk. Tentunya, hal ini menimbulkan kekecewaan masyarakat terhadap kinerja petugas Damkar.

Padahal bukan kinerja petugas Damkar yang lamban, melainkan ada beberapa kendala yang dialami oleh Damkar Kampar saat ini.

Seperti kebakaran yang terjadi di Desa Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Rabu (17/4/2019) dini hari. Api yang membakar rumah warga sudah padam, armada Damkar Kampar yang diturunkan pun tidak jadi sampai ke lokasi kebakaran.

“Pasukan kita tarik mundur sebab Damkar Kota Madya Pekanbaru sudah turun dan api sudah padam,” kata Kabid Damkar Kampar, Edi Bahrain saat dihubungi auranews.id.

Hal ini terjadi, bukan petugas Damkar Kampar yang lambat akan tetapi dikarenakan jarak tempuh yang jauh.

“Kami tidak pernah lambat bergerak untuk menolong masyarakat, kami cuma ada satu pos sementara wilayah kerja 11 ribu lebih km2 dengan 250 desa dan 21 kecamatan ditambah lagi armada Damkar Kampar tidak siap tempur,” terang Edi.

Terkait kebakaran rumah warga di Desa Pandau Jaya, Edi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Damkar Kota Madya Pekanbaru yang sudah berjibaku memadamkan api.

Selain itu, Edi sangat berharap agar Pemda Kampar dapat mencarikan solusi tentang persoalan ini. “Karena hal ini sangat diharapkan masyarakat apalagiĀ  kemungkinan timbulnya korban jiwa juga ada, kami ada untuk masyarakat. Jadi, seharusnya masyarakat merasakan keberadaan kami,” harapnya.

Penulis: Andesmen Putra