Ribuan Surat Suara Yang Tercecer Tidak Ada Yang Bertanggung Jawab, KPU Riau dan Sumbar Terkesan Saling Lempar Tanggungjawab

0
321

BANGKINANGKOTA(auranews.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau dan KPU Provinsi Sumatera Barat terkesan saling lempar tanggung jawab terhadap peristiwa ditemukannya ribuan surat suara yang tercecer di bawah jembatan Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar pada Ahad (14/4/2019) kemarin.

Pasalnya, ribuan surat suara yang menentukan nasib calon anggota legislatif itu masih terlantar di kantor Banwaslu Kampar, padahal menjelang pemilu 2019 jatuh tempo 17 April mendatang sudah masuk H-2.

Untuk menyelamatkan kertas berharga tersebut, Bawaslu Kampar telah melakukan berbagai upaya agar surat suara itu bisa didistribusikan dalam waktu dekat.

“Kita sudah saling mengontak pihak KPU Riau dan Sumbar, namun jawaban mereka dari Sumbar menunggu intruksi KPU RI, sementara Pemilu sudah tinggal satu hari lagi,” kata koordinator bidang Divisi Pencegahan dan Hubungan antar lembaga, Marhaliman di ruang kerjanya, Senin (15/4/2019) sore.

Upaya Bawaslu Kampar untuk menyelamatkan surat suara itu belum membuahkan hasil, buktinya ribuan surat suara yang ditemukan berserakan itu masih tersimpan dalam karung di dalan ruangan ketua Bawaslu Kampar.

“Kita berharap surat suara ini bisa dijemput orang itu dengan cepat, supaya bisa langsung didistribusikan kepada TPS yang memiliki kekurangan surat suara,” harapnya.

Diwaktu yang sama, ketua KPU Sumbar Amnasmen saat dihubungi via telpon WhatsApp tidak ada jawaban. Hingga berita ini diturunkan, surat suara masih dalam keadan tak bertuan.

Penulis: Defrizal