Surat Suara Yang Tercecer, Apakah Ada Unsur Kesengajaan?

0
127
Bawaslu Kampar bersama Anggota Polres Kampar, Reza

BANGKINANG (auranews.id) – Pasca ditemukan satu karung besar surat suara pemilu 2019 untuk DPD dan DPR RI dapil Sumbar 1 yang tercecer di jembatan Salo Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar pada Ahad (14/4/2019) kemarin masih misterius. Pasalnya pihak Bawaslu Kampar belum mendapatkan jawaban dari KPU Sumatera Barat.

Koordinator divisi hukum, Edwar saat dijumpai auranews.id di ruang kerjanya, Senin (15/4) pagi mengatakan, Bawaslu Kampar sudah melakukan koordinasi dengan KPU Sumbar.

Menurutnya bagai mana pun Bawaslu butuh informasi detail dan pasti kenapa sampai surat suara ini berada di jembatan.

“Kami sudah meminta klarifikasi kepada satu orang saksi Eko yang saat itu ikut serta mengangkat surat suara, didalam kotak sudah tertulis surat suara untuk Sumatera Barat,” katanya.

Edwar mengakui pihak KPU Sumbar sampai saat ini belum memberikan jawaban. “Dari mana barang itu, apakah dari Jakarta ataukah dari Sumbar ke Riau, kalau memang barang itu dari Riau mau ke Padang kenapa jatuhnya sebelah kanan, pertanyaan itu masih belum terjawab,” akui Edwar.

Hingga berita ini diturunkan, lebih kurang 1500 surat suara yang ditemukan itu masih diamankan oleh Bawaslu Kampar.

Sekedar diketahui pada pemberitaan sebelumnya, warga salo sempat dihebohkan oleh penemuan surat suara yang terbuang dibawah jembatan Salo. Surat suara tersebut merupakan tambahan untuk Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. (Defrizal)