PLR Bedah Buku Kumpulan Puisi, ‘Mengemas Perih dalam Senandung Kasih’

0
118

PASIR PENGARAIAN(AuraNEWS.id)¬†– Pegiat Literasi Rokan Hulu (PLR) menyelenggarakan Bincang Literasi/ Bedah Buku kumpulan puisi hasil karya sastra Nirma Herlina Ghanie dengan judul “Mengemas Perih dalam Senandung Kasih”.

Bincang Literasi Bedah Buku ini, Ahad (14/4/2019) siang, bertempat di Alam Singkawang Group (ASG) Coffee Shop & Resto, jalan Tuanku Tambusai, Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan sebagai Narasumber Dr. Hermawan, M.Hum yang merupakan Dosen STKIP Rokania, Rokan Hulu.

Dr Hermawan yang biasa dipanggil An, menyebutkan bahwa karya sastra kumpulan puisi Nirma Herlina Ghanie, “Mengemas Perih dalam Senandung Kasih” sangat menawan dan meresap cepat dalam hati/perasaan pembaca. Permainan kata yang disajikan sangat unik, meskipun hal ini biasa saja,” ulasnya.

“Bila 47 judul puisi yang ada dalam kumpulan buku puisi ini dideretkan atau disambungkan dengan baik maka akan menghasilkan puisi yang lebih dahsyat lagi,” ungkap An penyandang gelar Doktor Ilmu Pendidikan yang lahir di Jakarta 57 tahun silam.

“Penyair ini (Nirma Herlina Ghanie_red) sangat berbakat dengan kosa kata yang berkias, bakatnya ini tentulah berasal dari literasi yang banyak terutama literasi empiris yang dalam, itulah kesan pertama yang saya dapatkan setelah membaca puisi-puisi dalam kumpulan puisi ini,” beber An yang pernah mengikuti Pertemuan Sastrawan Nusantara di Johor Baharu tahun 1999 ini.

Dari pantauan AuraNEWS.id, para peserta dari berbagai profesi terlihat begitu antusias menyimak dan berdiskusi pada bincang Literasi/ Bedah Buku ini, hal itu tampak dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan ke Nara Sumber yang dipandu oleh moderator Wahyu Sebrinaldi.

Kepada AuraNEWS.id, salah seorang peserta bincang literasi yang baru perdana mengikuti acara ini, Miswan yang berprofesi sebagai seorang tenaga pendidik di SMP Muhammadiyah Rambah Hilir mengaku terkesan dengan bincang literasi dan bedah buku yang ditaja oleh Pegiat Literasi Rokan Hulu ini.

“Saya akhirnya mengetahui cara membuat sebuah puisi,” ujarnya singkat.

Diakhir acara PJ Literasi Rokan Hulu, Suyatri, S.S mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mengapresiasi bincang literasi kali ini, selain itu bincang literasi akan direncanakan rutin setiap bulannya.

“Selain diskusi tentang sastra, ada juga kegiatan belajar bahasa Inggris serta kepenulisan karya Ilmiah yang diadakan¬† setiap Ahad pagi di Taman Kota Pasir Pengaraian setelah selesai mengadakan acara lapak baca gratis,” tutupnya.

Penulis : M. Syari Faidar