Panwascam Gunung Sahilan Gelar Pelatihan Saksi Paslon dan Parpol, Sesi Pertama Tidak Dihadiri Peserta

0
140

GUNUNG SAHILAN(auranews.id) –  Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Gunung Sahilan gelar Pelatihan Saksi Pasangan Calon Presiden wakil presiden dan Partai Politik, kegiatan itu berlangsung di Gor PB.Gusdar Desa Sahilan Darussalam kecamatan Gunung Sahilan, Kampar, Sabtu (6/4/2019).

Kegiatan pelatihan tersebut akan berlangsung selama empat hari berturut-turut, Parpol yang mengikutkan saksi-saksinya untuk ikut pelatihan akan mendapat waktu sekitar 3 jam satu partai Politik.

Panwascam Gunung Sahilan Kordiv SDM dan Organisasi Ahmadi Soniman menyampaikan, hari pertama pelatihan sesuai dengan jadwal  yang diberikan oleh Bawaslu Kabupaten Kampar terdiri dari sesi Pertama Saksi Dari Paslon Capres dan cawapres nomor Urut 01, sesi kedua saksi dari partai PKB dan sesi ketiga Saksi dari partai NASDEM.

“Namun dalam kesempatan pada sesi pertama saksi dari paslon 01 yang berjumlah sebanyak 40 orang untuk wilayah kecamatan Gunung Sahilan tidak hadir satu orang pun,” terang Ahmadi.

Ia menambahkan, jadwal para saksi dari Paslon 01 tersebut pada sesi pertama dari pukul 08.00 – 11.00, namun dirinya tidak mengetahui secara pasti mengapa para saksi tidak hadir sama sekali. Padahal, keberadaan saksi dalam pemungutan dan penghitungan suara, akan menjadi faktor penentu keberhasilan pemilu sekaligus melegitimasi atas hasil pemilu.

“Dalam pelatihan ini, kita berupaya memberikan pemahaman yang sama antara saksi, petugas KPPS dan Pengawas TPS. Dengan demikian, tidak akan ada perbedaan persepsi mengenai keabsahan proses penghitungan suara,” jelasnya.

“Untuk saksi dari parpol PKB dan Nasdem pada sesi kedua dan ketiga kami belum mendapatkan komfirmasi dari partai bersangkutan apakah para saksi nya hadir atau tidak. Kami akan tetap stanby menunggu kedatangan para saksi parpol tersebut,” sambungnya.

Lebih lanjut Ahmadi Soniman menyampaikan , jika saksi Paslon dan Parpol tidak mengikuti pelatihan tersebut, pihak Panwas tidak bertanggung jawab, pelatihan itu sangat penting dilakukan, karena menyangkut dengan tugas saksi di TPS.

“Saya sangat menyayangkan dengan tidak hadirnya para saksi dalam mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Dari  beberapa kecamatan yang dihubungi auranews.id diantaranya kecamatan Kampar Kiri hilir , Kampar Kiri Tengah, Kampar Kiri, Kampar Kiri Hulu dan Tapung Hilir pada sesi pertama pelatihan saksi Paslon 01 juga tidak dihadiri oleh para saksi.

Penulis: Putra