Taja Kampar Internasional Dragon Boat Festival 2019, Aidil Amin: Podsi Bersama Pemkab Kampar Akan Bangkitkan Pariwisata di Tanah Peradaban

0
195

KAMPAR (auranews.id) – Pertengahan tahun 2019 ini, tepatnya 18-21 Juli nanti Pemerintah Kabupaten Kampar akan menggelar ‘Kampar Internasional Dragon Boat Festival 2019’ di Danau Rusa, Kecamatan XIII Koto Kampar. Acara tersebut ditaja oleh Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Kampar.

Untuk itu, PODSI bersama Pemkab Kampar menggelar rapat persiapan menjelang dilaksanakannya even internasional tersebut di Kantor Bupati Kampar, Senin (25/3/2019).

Dalam rapat tersebut, Ketua PODSI Kampar, Letkol Inf Aidil Amin SIp MIPol, menyampaikan sejumlah gagasan program kegiatan yang akan dilaksanakan di bulan Juli nanti.

Dihadapan Bupati Kampar serta sejumlah OPD dan Perusahaan yang diundang, Dandim Aidil menjelaskan satu persatu program kegiatan PODSI dan latar belakang dirinya bersama PODSI untuk menggelar dan mensukseskan even ‘Kampar Internasional Dragon Boat Festival’.

“Setelah memimpin sebagai ketua Kontingen Porprov Riau 2017 di Kampar yang lalu, salah satu upaya saya untuk menjadikan Kampar sebagai juara umum di Cabor dayung, namun saat itu kita hanya pada posisi nomor 2 (dua). Untuk itulah saat saya bersama PODSI Kampar termotivasi agar olahraga dayung dan pariwisata dapat mencuat kembali di Kampar. Saya kira inilah sesungguhnya peradaban Kampar dengan sejuta pesona wisatanya kita harus mengeksplorasi dan memperkenalkan ke dunia luar. Kami optimis acara ini akan sukses. Dari semangat itulah, saya dipercaya memimpin ketua PODSI ini. Bagaimana caranya membangkitkan semangat olahraga dayung dan pariwisata Kampar bersama PODSI ini latar belakang yang mendorong kami untuk menyelenggarakan event ini,” ujar Aidil, Senin (25/3/2019).

Dalam pemaparannya, Aidil menjelaskan, akan ada 10 negara Asia Pasifik yang telah mengkonfirmasi keikutsertaan dalam even ‘Kampar Internasional Dragon Boat Festival’, antara lain, China Taipei , Australia, Malaysia, Kamboja, Thailand, Vietnam, Hongkong, Philipina, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Selain atlet luar negeri, nantinya sejumlah atlet nasional juga turut berpartisipasi, antara lain, DKI Jakarta, Kaltim, Sumsel, Sumut, Sumbar, Yonif 132, Yonif 131 Payakumbuh, Lantamal I Belawan, Lantamal IV Tanjung Pinang dan 12 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

Untuk itu, PODSI Kampar dibawah nahkoda Aidil, menginginkan bentuk dukungan penuh dari Pemkab Kampar, agar segera menjalin MOU untuk mempercepat pelaksanaan program yang telah dirancang. Sebab, event internasional tinggal beberapa bulan lagi.

“Banyak keuntungan yang akan dihasilkan, melalui penelitian dan hasil survei yang kami lakukan, ternyata nantinya even ini akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar, dan bisa memperkenalkan pariwisata Kampar ke luar. Sehingga wisatawan berkunjung ke Kampar bertambah,” tutup Aidil.

Sementara itu, Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, SH, mengatakan, bahwa program yang disampaikan PODSI harus di follow up oleh KONI Kampar, sebagai wadah naungan seluruh cabang olahraga.

“Pemkab sangat mengapresiasi program yang dicanangkan oleh PODSI Kampar, sebab program ini belum pernah ada dan terjadi di Kabupaten Kampar,” ucap Catur.

Catur melanjutkan, program ini harus dapat diselenggarakan, ini seiring dengan keinginan Pemda agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) menghasilkan dari Pariwisata.

“Saya berharap, ketua PODSI Kampar, Sekda, agar kegiatan ini dapat di follow up lebih dalam, untuk mempersiapkan panitia penyelenggara. Melalui Sekda, KONI Kampar agar kegiatan ini dapat di support betul. Atas nama Bupati, saya merespon dan menyambut baik kegiatan ini dapat terselenggara. Baik dari segi teknis maupun non teknis,” imbuh Catur.

Lebih lanjut, Catur mengharapkan usai rapat ini berlangsung, agar Pemkab bersama PODSI dan KONI dapat menjalin komunikasi yang baik.

“Harapan saya, segera dibentuk kepanitiaan bersama, setelah rapat ini agar komunikasi yang intens untuk dikawal mengenai kegiatan ini, saya setuju dan segera dilakukan MOU dengan sejumlah dinas terkait. Saya yakin ini kebaikan untuk Kabupaten Kampar,” tutur Catur.

Adapun yang hadir di rapat PODSI bersama Pemkab Kampar tersebut, Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, SH, Sekda Kampar, Drs Yusri Msi, Ketua PODSI Kampar, Letkol Inf Aidil Amin Hasan, SIp MIPol, Ketua KONI Kampar, Ir. Abdul Gafar, MM, Kepala OPD Kampar, Pengurus PODSI Kampar, Perwakilan PLN dan Mahasiswa Polkam.

Penulis: Fauzi Lalea Saputra