2 Nama Cawabub Kampar Segera Diserahkan Ke Bupati

0
569

KAMPAR (auranews.id) – Panitia pemilih Wakil Bupati Kampar sosialisasikan tahapan dan mekanisme pemilihan kepada enam partai pengusung diruang Banmus DPRD Kampar, Senin (25/3/2019).

Panitia pemilih Wakil Bupati yang terbentuk pada 11 Maret 2019 berasal dari delapan Fraksi yang ada di DPRD diketuai Repol, S.Ag Wakil Ketua Said Ahmad Kosasih dan Sekretaris Ramlah (Sekwan/bukan Anggota).

Sosialisasi tahapan dihadiri panitia pemilih dan enam orang ketua partai pengusung yaitu, Partai Golkar, Gerindra, PPP, Nasdem, PKS dan PKB.

Wewenang sebenarnya berada ditangan partai pengusung untuk mengusulkan 2 nama calon Wakil Bupati kepada panitia pemilih, kata ketua panitia pemilih Wakil Bupati Kampar, Repol SAg.

Setelah disepakati 2 nama diserahkan kepada Bupati Kampar untuk mendapat persetujuan, kemudian dilakukan sidang paripurna DPRD. Sesuai tahapan dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2019, tambahnya.

Pada tanggal 3 Juli 2019 berkas Wakil Bupati terpilih dikirim ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Riau untuk dikeluarkan surat keputusan, jelas Repol.

Hal itu berdasarkan PP nomor 12 tahun 2018, namun tidak mengatur mekanisme pemilihan. Mekanisme pemilihan diatur melalui tata tertib (Tatib) DPRD, ucapnya

“Mudah-mudahan tidak ada kendala disetiap tahapan dan 2 nama Cawabub segera disepakati”, ujar Repol.

Sementara itu, ketua partai Nasdem Kampar, Syamsul Mukamar meminta agar panitia pemilih dapat memastikan setiap tahapan dan mekanisme sesuai peraturan perundangan agar tidak ada celah gugatan menyalahi aturan, ucapnya.

“Setiap tahapan harus jelas dan pastikan berjalan mulus tanpa hambatan dan tidak menyalahi peraturan perundangan”, ujarnya. (Syailan Yusuf)