PT KKI Bersama Pemkab Kampar Panen Kurma Perdana dan Resmikan Kawasan Wisata Kurma di Riau

0
417
PT KKI Bersama Pemkab Kampar lakukan panen perdana Kurma di Kecamatan XIII Koto Kampar

KAMPAR (auranews.id) РSelama ini banyak yang mengatakan bahwa pohon kurma tidak dapat tumbuh di Indonesia, namun anggapan itu ternyata tidak benar, karena pohon kurma berpotensi berkembang pesat di Indonesia.

Banyak orang yang sudah memulai melakukan langkah eksplorasi potensi besar sejak beberapa tahun belakangan ini, salah satunya PT Kawasan Kurma Indonesia (KKI).

Melalui Cabang Riau, PT KKI sudah melakukan penanaman pohon kurma dan tumbuh subur di Desa Ranah Sungkai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar.

Bahkan, kini pohon kurma tersebut, sudah berbuah dan akan dilakukan pemanenan perdana, sekaligus peresmian Agro Wisata Kawasan Kurma Indonesia oleh Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, SH yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Zulia Dharma, Ahad (24/3/2019).

Sebelum dilakukan pemanenan, acara dibuka langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PT KKI Cabang Riau, Syafrizal, SE. Dalam sambutannya, Syafrizal mengatakan, Kawasan Kurma sudah tersebar di 10 Provinsi di Indonesia.

“Saya berharap ada nya kerjasama yang baik antara PT KKI dengan Pemerintah, yakni Kabupaten Kampar,” ujar Safrizal.

Kurma hasil perkebunan PT KKI Riau di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar

Ditambahkannya, bahwa Kawasan Kurma Riau khususnya Kampar, saat ini memiliki lahan Kurma seluas lebih kurang 500 hektare.

“Lahan yang sudah diolah dan ditanami Kurma sampai saat Ini lebih kurang 194 hektare atau 3.579 kapling. Dan Kurma yang dipanen usianya sekitar 3 tahun yang bibit nya berasal dari Thailand,” imbuh Syafrizal.

Investasi besar yang dilakukan PT KKI di Kampar ini pun disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Kampar, sebab menurut Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kampar, Zulia Dharma, selain membantu perekonomian masyarakat setempat, kehadiran PT KKI di Kampar dapat memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Kampar.

“Ini adalah hal sangat positif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya Kampar yang ditunjang dengan potensi wisata dengan akses langsung dengan Danau Rusa. Terimakasih pak Syafrizal, saya sangat mengapresiasi Kehadiran PT KKI, tidak ada keraguan di hati saya. Insyallah ini akan berkembang dan Pariwisata di Kampar akan tereksplorasi dan terbantu oleh PT KKI,” tutur Zulia.

Sementara, Camat XIII Koto Kampar, Fajri, menyampaikan, sangat bersyukur dengan kehadiran PT KKI di Kampar, khususnya di daerahnya. Menurut nya, tanaman yang dikenal tidak bisa tumbuh di Indonesia, kini bisa tumbuh, bahkan bisa dipanen hasilnya.

“Kami bersyukur dan berterimakasih atas kehadiran PT KKI di Desa Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar. Ini nyata, pohon kurma bisa tumbuh di Kampar, semoga dengan adanya perkebunan ini jelas yang utama akan meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengurangi pengangguran,” harap Fajri.

Setelah melakukan pemanenan Kurma, acara ditutup dengan penanaman pohon kurma oleh Bupati Kampar yang diwakili Kadis Pariwisata, Zulia Dharma, Camat XIII Koto Kampar serta Kepala Desa Ranah Sungkai.

Tampak hadir di pemanenan Kurma perdana dan peresmian Agro Wisata Kawasan Kurma Indonesia, Bupati Kampar, yang diwakili Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kampar, Zulia Dharma, Camat XIII Koto Kampar, Kepala Desa, Kapolsek, Koramil, BPD, Ninik mamak dan tokoh Masyarakat.

Penulis: Fauzi Lalea Saputra