Pastikan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019, Polres Rohul Apel Gelar Pasukan

0
256

ROKAN HULU(AuraNEWS.id) – Kepolisian Resort (Polres) Rokan Hulu (Rohul) bersama TNI, Linmas, Ormas dan OKP laksanakan Apel Gelar Pasukan guna memastikan kesiapan Pasukan dalam Rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019 yang akan dilaksanakan beberapa hari lagi.

Apel dengan tujuan Tingkatkan Sinergitas TNI-POLRI dan Komponen Bangsa lainnya guna mewujudkan Keamanan Dalam Negeri yang kondusif,
dilaksanakan di Taman Kota Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu, Jum’at (23/3/2019) pagi.

Kapolres Rohul AKBP M Hasyim Risahondua S.IK M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Kasat Shabara AKP Kasmir selaku Paup, sedangkan  Komandan Upacara dipimpin oleh Ipda Suheri Sitorus, SH.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0313/KPR yang diwakili oleh Pabung Rohul Mayor Inf Reflis Jon, Wakapolres Rohul Kompol Willy Kartamanah AKS, S.IP M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Rohul, Fredy Daniel Simanjuntak, SH, M.Hum, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, Ketua PN Pasir Pengaraian Sahrudi SH, Kalapas Kls II B Pasir Pengaraian M.Lukman, Amd IP M.Si, Kasat Pol PP Andi Anto SH MH dan para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran , Danramil jajaran dan seluruh anggota Polres Rohul serta Linmas, Ormas, OKP dan para tamu undangan lainnya.

Apel gelar Pasukan juga di ikuti oleh 1 Pleton Personil TNI Kodim 0313/KPR, 1 SSK Personil Polres Rohul, 1 SSK Satpol PP Rohul, 1 Regu Dinkes, 1 Regu Damkar, 1 Regu Polsuspas dari Lapas Kls II B Pasir Pengaraian, 1 Regu PPM, 1 Pleton Linmas, 1 Pleton Senkom dan 1 Regu dari DLLAJ Rohul.

Dalam amanat Menteri Polhukam yang dibacakan oleh Kapolres Rokan Hulu AKBP M.Hasyim Risahondua S.IK M.Si secara tegas menyebutkan, Pemilu 2019 merupakan tonggak sejarah demokrasi di Indonesia.

“Karena 5 jenis Pemilihan dilaksanakan dalam Pemilu serentak, dalam Pemilu 17 April 2019 mendatang dan ini harus sukses tanpa kendala, Menurutnya kendala yang dihadapi saat ini adalah berita hoax melalui media sosial dan Isu SARA serta Politik Uang,” ungkapnya.

Secara Nasional Pengamanan Pemilu 2019 ini, melibatkan 463,133 Personil TNI-POLRI, dalam hal ini Menteri Polhukam juga menegaskan bahwa, tugas pengamanan Pemilu 2019 adalah merupakan tugas kehormatan yang tidak dapat dinilai dengan apapun sekaliguas menjadi amal ibadah.

“Jalin Sinergitas TNI-Polri, dalam pengamanan Pemilu untuk menetralisir Potensi Kerawanan serta tindak tegas terhadap gangguan Pemilu, dalam hal ini Bhabinkamtibmas agar selalu berpartisipasi demi kelancaran Pemilu,” tegasnya.

“Saya berharap Kepada TNI-Polri dan seluruh komponen masyarakat agar dapat menjalankan kegiatan ini dengan baik, Pedomani Prosedur Pengamanan harus sesuai dengan Undang Undang yang telah ada.

Kapolres menambahkan,” Saya sangat yakin unsur dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa dapat menjaga keamanan dan selalu monitor, terus jalin sinergitas TNI-Polri dan komponen masyarakat, segera kenali dan cari kerawanan tentang pesta
Demokrasi, selain itu Bhabinkamtibmas dan Babinsa agar dapat mencari siapa yang membuat berita Hoax dengan cara bersinergi dengan para tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh adat.

Menurutnya berkembangnya Isu berita Hoax itu, sangat berpengaruh besar dikalangan masyarakat, dalam amanat tersebut juga ditekankan kepada seluruh personel agar mengantisipasi ancaman, gangguan yang mungkin akan menjadi hambatan dalam penyelenggaraan Pemilu nantinya, untuk itu diharapkan TNI-Polri berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 dapat berjalan dengan aman, damai dan lancar,” harapnya.

Usai Pelaksanaan Apel, Kapolres bersama Pabung Rohul dan Forkopimda
serta tamu undangan lainnya melepas langsung konvoi Patroli Pengamanan Pemilu 2019, konvoi diikuti Personil Polres Rohul, TNI dan Satpol PP Rohul.

Kepada sejumlah wartawan, Kapolres mengatakan untuk pengamanan Pemilu
Pihaknya menyiapkan 300 Personil dari Polres Rohul terutama untuk pelaksanaan Kampanye terbuka yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 ini, sedangkan menjelang Pemilihan akan ada tambahan 300 Personel Brimob dari Polda Riau.

Menurut AKBP Hasyim sejauh ini dari hasil Pemetaan wilayah Rohul tidak ada  gangguan Kamtibmas, bahkan hingga saat ini masih kondusif. Dirinya menghimbau kepada masyarakat Rohul, untuk turut serta menjaga keamanan terutama terkait penyebaran berita Hoax,” pungkasnya.

Reporter : Alfian Tob

Editor : MS Faidar