UIR-USIM Sepakat Kerjasama di Bidang Pendidikan

0
176

KUALA LUMPUR(auranews.id) – Universitas Islam Riau dan Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) sepakat bekerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian. Kesepakatan itu tersimpul dalam pembicaraan awal silaturrahmi Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL dengan Naib Canselor USIM Profesor Dato’ Dr Musa Ahmad di Kampus USIM Kuala Lumpur, Selasa (20/3).

Rektor dan rombongan tiba di Kampus USIM pukul 10.00 waktu Malaysia. Ia disambut Profesor Dato’  Dr Musa dan Dekan Faculty of Leadership and Management Assoc. Prof Dr Mohd Faizal Kasmani di Main Office. Lalu meninjau sejumlah ruangan. Kemudian melihat kampus USIM dari jendela kaca sebelum menuju meeting room.

Dalam kunjungan sekitar tiga jam di USIM, Syafrinaldi didampingi Wakil Rektor III Ir Rosyadi, MSi, Dekan Fakultas Hukum Dr Admiral, Dekan Psikologi Yanuar, SPi Psikologi, Dekan FIKOM Dr Abdul Aziz, Kepala Urusan International Dr Husnul Kausarian, Kabag Humas dan Protokoler Dr H Syafriadi. Turut juga Presiden BEM Hengky Primana dan Sekretaris Menteri Pendidikan BEM Rahmayudi.

Baik Rektor UIR maupun Naib Canselor USIM telah sepakat membangun kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian. Utamanya di tiga fakultas. Yakni Hukum, Psikologi dan Ilmu Komunikasi. Teknis kerjasama dan rencana penandatanganan MoU akan segera dibahas oleh ketiga Dekan bersama USIM.

Menurut Naib Canselor  Dato’ Musa, pertemuan ini sudah menampakkan potensi untuk saling bekerjasama dalam banyak bidang. ”Kita sudah setuju membuat Memory of Understanding antara UIR-USIM. Kita mulai dari tiga fakultas. Saya percaya komitmen yang disampaikan Pak Rektor UIR. Beliau punya kemauan keras merealisasikan materi pembicaraan hari ini,” kata Dato’ Musa.

Dato’ mengaku sering datang ke Riau namun belum pernah berkunjung ke UIR. Tapi dari video profile dan komitmen Rektor UIR yang disampaikan di forum silaturrahmi, antara UIR dan USIM tidak banyak perbedaan. ”UIR mempunyai komitted memajukan pendidikan. Juga memiliki kemauan keras bekerjasama dengan berbagai pihak terutama dengan universitas di manca negara. Ini menunjukkan komitmen yang tinggi dari Rektor untuk membawa UIR maju dan terus berkembang memasuki Visi 2020,” ungkap Dato’.

Hal senada disampaikan Syafrinaldi. Dalam pandanganya, USIM merupakan universitas negeri yang maju di Malaysia. Ketertarikannya berkunjung ke USIM selain karena faktor perkembangan juga adanya kesamaan dengan UIR. ”UIR dan USIM sama-sama universitas Islam,” ujar Rektor.

Kerjasama kedua universitas akan dimulai dari tiga fakultas. Masing-masing Hukum, Psikologi dam FIKOM. Itulah sebabnya, kata Syafrinaldi, pihaknya membawa dekan  ketiga fakultas berkunjung ke USIM. ”Saya minta Pak Dekan memindak lanjuti materi pembicaraan dan rencana kerjasama,” imbuh Syafrinaldi.

Usai dialog, Rektor UIR bersama Dekan, mengakhiri kunjungannya dengan meninjau laboratorium Jurusan Komunikasi dan Psikologi.***