Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, Bawaslu Kampar Tampung Isu Kerawanan Pemilu 2019

0
93

KAMPAR (auranews.id) – Bawaslu Kampar taja rapat koordinasi lintas sektoral pelaksanaan pemilihan umum tahun 2019 di aula taman rekreasi Stanum, Kamis (14/3/2019).

Rapat koordinasi dilakukan dalam rangka mengukur tingkat partisipasi elemen masyarakat dalam menghadapi PEMILU 2019, kata Anngota Bawaslu Kampar, Marhaliman, SE saat membuka acara.

Dikatakan, suksesnya penyelenggaraan PEMILU 2019 merupakan tanggungjawan semua pihak. Untuk itu, sumbang saran sangat diharapkan agar pelaksanaan PEMILU dapat berjalan dengan baik.

“Kemungkinan-kemungkinan terjadinya kerawanan PEMILU diharapkan dapat disampaikan sehingga dapat dicarikan solusi”, ujarnya.

Disampaikan, Bawaslu Kampar menemukan adanya alat peraga kampanye di 5 desa Kecamatan Tapung Hulu dipasang oleh Caleg dari Kabupaten Rokan Hulu. Padahal 5 desa itu masuk dalam wilayah Kabupaten Kampar

Untuk itu, ia meminta kepada Camat dan kepala desa khususnya wilayah perbatasan untuk selalu melakukan koordinasi, tuturnya.

Dikatakan, ada sebanyak 2229 TPS di Kabupaten Kampar yang tersebar di 21 Kecamatan dan 251 desa/kelurahan.

Sementara itu, Bupati Kampar diwakili staf Bupati Kampar, Aliman Makmur, menyampaikan tujuan pelaksanaan PEMILU sebenarnya bagaimana agar masyarakat dapat berpartisipasi memilih pemimpin dan menggunakan hak pilih.

Ia minta agar penyelenggara PEMILU terutama KPU dan Bawaslu Kampar harus dapat memberikan pemahaman setiap regulasi peraturan perundangan kepada masyarakat.

Dikatakan, untuk menghasilkan PEMILU yang berintegritas paling tidak ada 4 komponen kriteria yakni, adanya pemahaman masyarakat akan regulasi peraturan perundangan sampai pada objek, mana yang namanya Money Politik dan mana yang Cost Politik ini salah satu pemicu terjadinya kerawanan. Kerawanan itu dipicu oleh ketidaktahuan masyarakat terhadap regulasi perundangan.

Peserta PEMILU yang berkompeten harus siap kalah dan siap menang disamping birokrasi yang netral serta penyelenggara PEMILU yang berintegritas, ucapnya. (Syailan Yusuf)