Marhaliman : Panwascam Diminta Untuk Siaga 1 Selama Pemilu

0
106

BANGKINANG (auranews.id) – Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kecurangan politik uang pada pemilihan legislatif ataupun pemilihan presiden, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kampar menghimbau kepada seluruh panwas kecamatan untuk siaga satu.

Hal itu disampaikan oleh Marhaliman selaku ketua Divisi Pencegahan dan hubungan antar lembaga disela-sela kegiatan rapat koordinasi lintas sektor pelaksanaan pemilihan umum tahun 2019 di Stanum Bangkinang, Kamis (14/3/2019).

“Dimulai dari sekarang, seluruh petugas di kecamatan diminta untuk selalu standby di sekretariat masing masing, awasi langkah langkah yang mencurigakan,” tegasnya.

Selain itu, dirinya tidak menampik hal itu akan terjadi, kendati demikian pengawasan akan terus ditingkatkan, dengan cara melibatkan penegak hukum polri, TNI, dan masyarakat.

“Kami juga meminta Wartawan untuk bisa mengawasi hal ini, masyarakat juga jangan mau menerima pemberian dari caleg,” imbuh Liman.

Menurut mantan ketua PWI Kampar itu, caleg yang suka memberi uang kepada masyarakat untuk meraup suara berarti dia caleg yang tidak berintegritas.

Karena apabila caleg yang duduk akibat membeli suara rakyat sudah otomatis tidak akan bekerja untuk rakyat. “Kalau dia sudah menang karena membeli suara kepada masyarakat, tentu mereka akan berupaya mengembalikan modalnya di DPRD sana,” jelasnya.

“Kalau ada kedapatan caleg yang memberi baik sebentuk uang ataupun berbentuk barang, laporkan, kami akan menindaknya dan menggugurkan, karena itu pidana,” tutup Liman.

Penulis: Defrizal