Lepas 5 Anggota Purna Tugas, Polres Rohul Gelar Upacara Tradisi Pedang Pora

0
157

ROKAN HULU(AuraNEWS.id) – Kepolisian Resor (Polres) Rokan Hulu Polda Riau mengelar upacara wisuda purna bakti 5 (lima) anggotanya. Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Rokan Hulu, AKBP M.Hasyim Risahondua S.IK M.Si, dan Komandan Upacara Kaur Min Sat Binmas Polres Rohul, Ipda Suheri Sitorus acara ini diikuti para pejabat utama Kepolisian Polres Rohul dengan khidmat di halaman Mapolres Rohul, Kamis (14/03/2019) pagi.

Pada kesempatan tersebut Kapolres secara simbolis menyerahkan tanda penghargaan dan cindera mata kepada anggota yang mengakhiri masa baktinya tersebut. Selanjutnya, bersama seluruh anggota dan Bhayangkari mengiringi hingga gerbang Mapolres.

Kapolres menyampaikan, upacara ini pada hakekatnya merupakan penghargaan yang tulus dan ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya dari segenap kesatuan atas pengabdiannya kepada nusa dan bangsa selama 35 tahun bahkan ada yang 38 tahun dinas aktif sampai mengakhiri masa tugasnya, tentu saja banyak suka dan duka yang telah mereka rasakan hingga memasuki masa pensiun.

“Untuk itu atas nama pimpinan dan pribadi menyampaikan penghargaan serta rasa hormat kepada segenap anggota yang telah memasuki masa purna atas dedikasi yang tinggi serta loyalitasnya yang patut kita banggakan selama berdinas di Institusi Kepolisian,” terangnya.

Kapolres menambahkan, “setiap Personil Kepolisian akan tiba saatnya dimana akan kembali bergabung seperti masyarakat bisa dan akan digantikan oleh para generasi muda, untuk itu saya berpesan kepada personil yang pensiun tetap lah menjadi tauladan dan panutan bagi masyarakat, kinerja serta darma bhaktinya kepada bangsa dan negara,” harapnya.

Usai menggelar upacara Pelepasan Purna Bakti, kepada wartawan Kapolres Rohul menjelaskan, bahwa tradisi pelepasan pedang pora ini sebagai bentuk wujud nyata penghargaan satuan institusi Polri atas tugas dan jasa-jasa para anggotanya. Salah satunya yaitu sebagai bagian mengucapkan terima kasih dan penghargaan,” ujarnya.

Dari pantauan AuraNEWS.id, acara tersebut bukan hanya dimeriahkan dengan tradisi Pedang Pora yang dilaksanakan oleh Pama Polres Rokan Hulu, namun ada juga pemberian cendramata sekaligus bersalam-salaman dengan seluruh anggota Polres. Ada yang unik dalam acara ini, karena Polres Rohul mengantarkan para Purnawirawan menaiki becak yang telah dihiasi dari halaman Mapolres Rohul yang dikendarai langsung oleh Kapolres Rohul dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan makan bersama.

Tampak hadir dalam upacara tersebut
Waka Polres Rohul Kompol willy Kartamanah AKS.S.IP M.SI, Ketua Cabang Bhayangkari beserta anggota, para Kabag, para Kasat, Kapolsek jajaran Polres Rohul, Pama Polres Rohul dan personil serta staf Polres Rokan Hulu.

Sementara kelima anggota tersebut masing-masing, Iptu H.Abuzzar (Kanit Dhikyasa), Aiptu Rusman Situngkir Silalahi, Aiptu Jayusma , Aiptu H.Sudirman, dan Brigadir Mutamasirin.

Mewakili anggota yang purna tugas, Aiptu H.Sudirman atau yang akrab disapa Haji Ucok saat ditemui mengungkapkan dirinya merasa terharu dan menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan ini dan semoga tetap terjalin ikatan persaudaraan.

“Kami mewakili lima anggota yang purna  mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan petunjuk hingga kami dapat mengakhiri tugas pengabdian ini,” tuturnya.

Reporter : Alfian Tob

Editor : MS Faidar