56 Mahasiswa UIR Ikuti Seleksi ON MIPA 2019

0
109

PEKANBARU (auranews.id) – Sebanyak 56 mahasiswa Universitas Islam Riau mengikuti seleksi Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (On MIPA) Tahun 2019. Seleksi berlangsung di Gedung Rektorat lantai II UIR Sabtu siang (2/3/2019).

Dalam seleksi tiga jam itu, peserta di test menyelesaikan satu dari empat bidang studi.  Yakni Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia. Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Seleksi Muslim S. Kar, untuk bidang Matematika diikuti 14 mahasiswa, Kimia 8,  Biologi 27 dan Fisika 7.

Seleksi On MIPA dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama di universitas. Kedua, di wilayah oleh LLDIKTI yang meliputi Provinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau. Masing-masing provinsi menyelenggarakan seleksi di tempat berbeda. Untuk Riau diadakan di Politeknik Caltex Rumbai pada tanggal 25-26 Maret.

”Setiap bidang studi diwakili oleh tujuh mahasiswa, berarti ada 28 mahasiswa di empat bidang mewakili Riau ke tingkat nasional April mendatang,” kata Muslim didampingi Wakil Ketua Panitia Seleksi Ir Syawal, Wakil Dekan III Fakultas Teknik.

Muslim menjelaskan, On MIPA merupakan salah satu ajang lomba bergengsi yang setiap tahun dilaksanakan Kemenristekdikti. Masing-masing universitas berusaha secara maksimal mengirim utusan terbaik supaya dapat berkompetisi dalam lomba tersebut. Termasuk Universitas Islam Riau.

”Kita juga berharap mahasiswa UIR dapat berprestasi di tingkat nasional. Karena itu sesuai pedoman perlombaan, kita lakukan seleksi tahap pertama di universitas,” tegas Muslim.

Hal senada disampaikan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ir H Rosyadi. Harapannya, akan ada mahasiswa UIR yang lolos ke tingkat nasional. ”On MIPA ajang bergengsi. Kita ikuti tahapan-tahapannya dan kita harapkan ada yang lolos ke nasional, kemudian juara di bidang-bidang yang diperlombakan,” kata Rosyadi.