Ilyas HU : Catur Sugeng Sudah dari Golkar, Wakil Harus dari Lain

0
399

PEKANBARU (auranews.id) – Pasca dilantiknya Catur Sugeng Susanto, SH jadi Bupati Kampar definitif periode 2017-2022, banyak diperbincangkan siapa sosok yang akan mendampingi kedudukan sebagai Wakilnya. Salah satunya datang dari kalangan Angota Dewan Riau, Ilyas HU.

Menurut politisi Nasdem yang juga salah satu partai koalisi pengusung saat Pilkada 2016 lalu ini, memang semua partai koalisi berhak mengusulkan kadernya untuk mengisi kekosongan ini. Tapi tentu ada pertimbangan-pertimbangan yang dilakukan berdasarkan musyawarah dan mufakat yang harus dicapai.

“Kalau menurut saya, calon dari dari partai Golkar tidak mungkin lagi. Karena pak Sugeng sudah merupakan dari partai Golkar.  Jadi tidak mungkin  wakil diambil dari Golkar juga. Sementara saat Pilkada 2016 diusung partai koalisi. Jadi partai koalisi yang lain tentu ibcar posisi ini, terutama PPP karena pak Azis sebelumnya dari PPP,” sebut Wakil Ketua DPW Partai Nasdem Riau ini, Rabu (13/02).

Lebih jauh disampaikan juga oleh Komisi V Dapil Kabupaten Kampar ini, pihaknya justru kalau posisi orang nomor dua di Kampar ini dijabat dari PPP juga. Ini dengan pertimbangan untuk menghormati, menghargai dan melihat jasa-jasa dari Almarhum Azis Zainal selama ini sebagai Bupati Kampar.

“Memang semua partai kkoalis punya hak.  Tapi karena pertimbangan lain, biarlah dari kader PPP,” tambahnya.

Sebagaimana yang dimaklumi, Azis Zaenal-Catur Sugeng menang di Pilkada Kampar tahun 2016 diusung oleh beberapa partai yaitu PPP, Golkar, Nasdem, Gerindra, PKS dan PKB. Setiap partai berhak mengajukan kader sebagai calon.

Nantinya calon ini diberikan ke Bupati untuk dipilih beberapa nama. Kemudian dipilih secara Pemilu di DPRD Kampar. Siapa pemenangnya dikirim ke Kemendagri untuk ditetapkan dan persiapan pelantikan.

Sumber: mediacenter.riau.go.id