Usai Peresmian, Jembatan Siak IV Kembali Ditutup Satu Bulan

0
326

PEKANBARU (auranews.id) – Seremonial peresmian jembatan Siak IV tetap dipastikan akan digelar pada 14 Februari nanti. Namun jembatan akan ditutup kembali, yang diperkirakan selama satu bulan.

“Ya habis peresmian kita tutup kembali,” kata Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, Yunnan Haris, disela-sela acara loading test (uji beban) Jembatan Siak IV, Jumat (8/2/19).

Menurut Yunnan, penutupan jembatan Siak IV ini dikarenakan masih menunggu sertifikat uji beban. Diperkirakan sertifikat baru bisa diterima satu bulan setelah dilakukan uji beban yang dilakukan hari ini.

Kecuali setelah sertifikat dikeluarkan bisa lebih cepat dari satu bulan yang diperkirakan, maka baru operasional jembatan bisa dilakukan.

“Yang mengeluarkan Kementerian PU. Hari inikan loading test, biasanya itu dilakukan kajian bagaimana kekuatan jembatan saat dilakukan uji beban. Ini butuh satu bulan. Kalau sertifikatnya sudah keluar, baru operasional jembatan kita buka untuk kendaraan,” ungkap Yunnan.

Seperti diketahui, selain peresmian jembatan Siak IV pada 14 Februari nanti, secara bersamaan juga akan diresmikan dua fly over (jembatan layang) yang ada di simpang Ska dan Pasar Pagi Arengka. Bedanya, untuk kedua fly over ini pasca peresmian langsung dibuka untuk umum.

Selain itu sebagai imformasi juga bahwa peresmian akan langsung dilakukan oleh Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim. Jabatan mantan Bupati Rokan Hilir ini sebagai Gubernur Riau akan berakhir pada 19 Februari mendatang.

Sumber: mediacenter.riau.go.id