Tokoh Masyarakat Kampar, H Harryanto S.Sos Meninggal Dunia

0
1099

SALO (auranews.id) – Salah seorang tokoh masyarakat Kabupaten Kampar, H Harryanto Jamil, S.Sos menghembuskan nafas terakhir di usia 60 Tahun di Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru, pukul 13.20 WIB, Sabtu (9/2/2019) siang, akibat penyakit kanker yang dideritanya. Almarhum meninggalkan 1 orang istri dan 4 orang anak.

Berdasarkan informasi yang dirangkum auranews.id, sebelum meninggal dunia, Almarhum sempat dirawat di salah satu Rumah Sakit di Malaka, Malaysia. Namun, berhubung jarak yang jauh dari tempat tinggalnya, almarhum meminta keluarga agar dirawat di Pekanbaru saja.

Almarhum dilahirkan dan dibesarkan di Mojokerto, Jawa Timur, 2 Juli 1958. Semasa hidup, almarhum dikenal sebagai seseorang yang sangat ramah, sopan santun, dan bijaksana serta suka menolong terhadap sesama.

Almarhum sempat mengajar di SMPN 2 Bangkinang, kemudian berdinas di Kandepkab (Kantor Departemen Pendidikan Kabupaten) Kampar, pernah juga menjadi anggota DPRD Kabupaten Kampar, yang pada masa itu ASN diperbolehkan menjadi Anggota Dewan, beliau juga aktif di organisasi kepemudaan dan olahraga, seperti Pramuka, Paskibraka, Silat, KONI Kampar, jabatan terakhirnya sebagai ASN adalah Kabid di Dinsosnaker Kampar. Dan saat ini beliau masih sebagai pengurus aktif di BNK Kampar.

Salah satu teman dekat almarhum, yang juga sudah menjadi bagian keluarga, Drs Zulher Ms turut kehilangan atas wafatnya H Harryanto. Zulher menceritakan, bagaimana kedekatan dirinya dengan almarhum semasa masih mengabdi menjadi ASN.

“Antara percaya atau tidak, hari ini dia dipanggil sang pencipta. Banyak cerita diantara kami. Masih kuat dalam ingatan, kami bersinergi dalam pengabdian di Kabupaten Kampar. Lancarnya saya sebagai Sekda Kampar waktu itu, tidak terlepas dari kerjasama dan hubungan yang harmonis dengan beliau. Hanya untaian doa yang dapat saya kirimkan, semoga keluargaku meninggalkan dunia dalam keadaaan Khusnul khatimah,” ucap Zulher.

Sementara itu, salah seorang murid almarhum semasa menjadi Guru di SMPN 2 Bangkinang, Refnedi menyampaikan, beliau merupakan orang yang sangat baik.

“Beliau itu sangat baik, saya banyak sekali belajar dari beliau, selain ramah dan sopan santun almarhum juga suka menolong sesama,” kenang Refnedi.

Pria yang akrab disapa “Pak RE” ini pun menceritakan, sangat terkesan dengan pribadi almarhum. “Kita sebagai muridnya, bahkan masyarakat Kampar sangat merasa kehilangan, kami mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya, semoga amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT,” ungkap RE.

Ditambahkannya, banyak ilmu yang didapatkan dari almarhum. “Banyak hal yang saya dapat dari almarhum dan selalu saya ingat dari masa masih menjadi murid almarhum sampai saat ini,” tutur pria yang sangat humoris ini.

Almarhum tiba dirumah duka sekitar pukul 18.00 WIB. Tampak hadir menanti kedatangan jenazah dari Pekanbaru, antara lain Buya Gafar, Refnedi, Idris, Khairul Azmi, Hendri Yahya, Rohan Sauki, sejumlah perwakilan OPD Kampar, Sahabat, kerabat dan ratusan masyarakat Salo.

Direncanakan, jenazah almarhum H Harryanto akan dikebumikan Ahad 10 Februari 2019 pukul 07.00 WIB pagi di TPU Desa Salo Timur, belakang Mesjid Raya Alfalah Salo Timur. Disamping kuburan mertuanya, sesuai permintaan beliau sebelum meninggal dunia.

Penulis: Fauzi Lalea Saputra