Disdukcapil Lakukan Gerakan Nasional Perekaman KTP-el Bagi Warga Binaan

0
71

BANGKINANG KOTA (auranews.id) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kampar lakukan Gerakan Nasional jemput bola serentak, perekaman KTP-el bagi warga binaan permasyarakatakan lapas kelas II B Bangkinang.

Kepada auranews.id Kepala Dinas Disdukcapil Kampar, Muslim mengatakan tujuan dari perekaman ini agar warga binaan bisa memberikan hak suaranya pada Pemilu 2019.

“Ini merupakan program Nasional yang di taja oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Ini salah satu upaya agar warga binaan bisa memberikan hak suaranya pada Pemilu 2019 mendatang. Seperti yang kita ketahui warga di lapas ini banyak yang belum terdata dan tidak terakomodir akan kebutuhan penyaluran hak suaranya karena terkendala administrasi. Kegiatan ini tidak hanya dilapas saja, namun juga dilakukan disekolah untuk pemilih Pemula, dan di Desa-Desa juga,”jelas Muslim.

Gerakan yang dilakukan secara Nasional dan serentak terhitung sejak tanggal 17 sampai 19 Januari 2019. Kegiatan berlangsung di Lapas Kelas II B Bangkinang, Kamis (17/01/2019) pagi berlangsung dengan aman dan lancar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut pihak dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar, Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kampar dan Kepala Lapas Kelas IIB Bangkinang yang mendukung penuh trobosan yang di lakukan Disdukcapil.

“Kami menghimbau kepada KPU Kampar untuk segera mengakamodir semua hak pilih warga binaan di Lapas kelas II B Bangkinang. Jangan ada lagi kendala dari pihak Lapas yang tidak bisa memilih. Karena secara administrasi sudah upayakan oleh Disdukcapil, yang sudah datang melakukan perakaman di Lapas,”ujar Syawir, Ketua Bawaslu Kampar.

Menanggapi hal tersebut Ahmad Dahlan,SE.,M.E.Sy Devisi Program dan Data KPU Kampar mengatakan akan menunggu hasil dari perekaman yang dilakukan Disdukcapil dan akan memproses langkah berikutnya, sesuai dengan P-KPU yang berlaku.

“Kita apresiasi program perekaman ini. Kita akan terus bangun sinergi untuk mensukseskan Pemilihan Umum pada 17 April 2019,”tambahnya.

Penulis : Dewi Sartika