Peringati HUT ke-56, SMA Negeri 1 Bangkinang Kota Gelar Pawai Akbar

0
69
Osama Alfa dan seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 Bangkinang Kota mengikuti Pawai Akbar memperingati HUT ke-56 Tahun SMANSA Bangkinang Kota, Kamis (10/1/2019). (Foto by: Fauzi Lalea Saputra/auranews.id)

BANGKINANG KOTA (auranews.id) – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-56, SMAN 1 Bangkinang Kota menggelar acara pawai Akbar antar Kelas. Kegiatan yang diikuti ribuan siswa tersebut, dibimbing oleh wali kelas masing-masing.

Kepala SMAN 1 Bangkinang Kota, M. Hendra Yunal, M.Si didampingi Ketua Panitia, Dra. Hj. Helena, wakil Ketua Panitia, Drs. M. Zen dan sekretaris panitia, Hj. Rosfilawati Farma, M.Pd kepada auranews.id (10/01) seusai melepas pawai Akbar di depan SMAN I Bangkinang Kota mengatakan, bahwa kegiatan pawai Akbar antar kelas ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT SMAN I Bangkinang Kota Ke- 56.

Hendra Yunal menjelaskan, bahwa Pawai Akbar ini mempunyai beberapa tujuan. Selain untuk memeriahkan, pawai akbar juga bertujuan untuk memupuk dan menanamkan jiwa kebersamaan dalam keberagaman. “Pawai akbar juga bertujuan untuk menimbulkan kepekaan siswa terhadap lingkungan dan kehidupan sosial,” ungkap Hendra Yunal.

Pawai akbar diikuti oleh 31 kelas. Masing-masing kelas menampilkan tema pawai yang berbeda. Ada tema bencana alam, kemerdekaan, profesi, pendidikan dan beberapa tema lainnya. Pemilihan tema ditentukan dengan cara undian yang dilakukan oleh panitia. “Setelah mendapatkan tema, masing-masing kelas dibimbing oleh wali kelas untuk mengeluarkan ide dan membuat konsep pawai yang akan mereka tampilkan,” ungkap Hendra Yunal.

Menurut pantauan auranews.id, ribuan siswa antusias dan gembira mengikuti pawai akbar dengan penampilan yang bagus dan unik. Ada yang tampil seperti rakyat biasa, ada yang tampil dengan menggunakan pakaian pejabat dan berbagai profesi dan bahkan ada yang tampil dengan beberapa atraksi dan orasi.

Setelah dilepas oleh kepala sekolah dan disaksikan oleh semua guru dan karyawan sekolah, siswa peserta pawai akbar berjalan mengelilingi kota Bangkinang. Sewaktu berjalan mengelilingi kota Bangkinang, peserta pawai dikawal oleh mobil Patwal Satlantas Polres Kampar.