Demi Tumbuhkan Minat Baca dan Menulis, SMPN 1 Salo Rutin Laksanakan Kegiatan Literasi di Sekolah

0

SALO (auranews.id) – Demi menumbuhkan budaya baca dan menulis, SMP N 1 Salo intensif menerapkan kegiatan literasi terhadap siswanya. Kegiatan literasi ini, rutin dilaksanakan tiga kali dalam seminggu.

Hal tersebut, disampaikan langsung oleh Kepala Sekolah SMP N 1 Salo, H. Mahyuddin, S.Pd, kepada auranews.id, Selasa (08/1/2019) disela-sela dirinya memantau kegiatan literasi tersebut kepada siswanya.

Mahyuddin menjelaskan, bahwa literasi sekolah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti pada diri siswa. Sehingga muncullah minat baca dan menulis pada siswa tersebut.

“Kegiatan literasi ini juga menjadi upaya dan langkah awal bagi siswa nantinya dalam mencapai kesuksesan dan kesejahteraan. Diharapkan, dengan kegiatan literasi ini, maka timbullah minat baca dan menulis siswa,” ungkap Mahyuddin.

Lebih lanjut, Mahyuddin menerangkan, bahwa kegiatan literasi di SMP N 1 Salo dilaksanakan pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis.

“Kegiatan literasi ini, kita laksanakan 15 menit sebelum siswa masuk dalam kelas. Nantinya, siswa kita kumpulkan di lapangan sekolah, dan dipinjamkan buku bacaan. Namun, mereka bisa memilih buku yang diminatinya,” terang Mahyuddin.

Pantauan auranews.id di lokasi, terlihat ratusan siswa sangat antusias dan menikmati proses kegiatan literasi yang dilaksanakan di lapangan sekolah SMPN 1 Salo. Tampak juga sejumlah guru membimbing dan mengawasi muridnya.

Penulis: Fauzi Lalea Saputra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here