Petugas Lapas Bangkinang Temukan Shabu di Celdam Pengunjung

0
50

BANGKINANGKOTA(auranews.id) – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas IIb Bangkinang kembali mendapati seorang pengunjung laki-laki membawa Narkoba jenis Shabu ke dalam Lapas, Selasa (18/12/2018) sekira pukul 11.00 wib.

Pengunjung itu adalah MR. Kepada petugas ia mengaku warga Bangkinang, Kabupaten Kampar.

Penangkapan itu bermula saat MR melewati Penjaga Pintu Utama (P2U). Sesuai SOP, petugas langsung memeriksa bawaan MR yang tujuannya untuk mengunjungi salah seorang warga binaan yang tersangkut kasus pidana umum.

Ketika diperiksa, MR agak memberontak saat petugas menyuruhnya untuk mengeluarkan ‘barang’ yang ada didalam celana dalamnya.

“Sesuai SOP, kami periksa semua bawaannya. Ketika digeledah pada  badannya, saya merasakan ada suatu benda keras didalam celana tersangka. Dia pun sepertinya kaget saat saya pegang itu,” kata Afriandi yang kebetulan bertugas saat itu.

Karena Afriandi merasa ada yang aneh, ia pun langsung memanggil Kepala Pengamanan Lembaga Permasyarakatan (KPLP) untuk bisa memeriksa lebih lanjut.

“Saya takut aja langsung untuk memeriksa dan mengeluarkan benda keras tersebut. Bisa saja nanti dia beralasan, saya yang tempel barang itu,” jelas petugas Lapas tersebut.

Memang benar dugaan Afriandi, setelah dikeluarkan barang yang ada didalam celana dalam (celdam) MR, petugas mendapati satu paket Shabu.

“Ia pun langsung merobek paket tersebut sehingga butiran-butiran Shabu berserakan didalam parit kecil yang ada didalam Lapas. Petugas pun termasuk pihak kepolisian langsung mengumpulkan butiran-butiran tersebut untuk dijadikan barang bukti,” terangnya.

Kepala Lapas kelas IIb Bangkinang, Herry Suhasmin, Amd.IP, SH, MH melalui KPLP, Efendi Purba menegaskan agar para pengunjung untuk tidak coba-coba lagi menyelundupkan narkoba didalam Lapas.

“Mari sama-sama kita memutus mata rantai peredaran gelap narkoba agar anak cucu kita bisa tidak terjerumus dalam jeratan Narkoba,” kata Efendi Purba.

“Kami petugas Lapas Bangkinang berkomitmen untuk memberantas peredaran Narkoba didalam Lapas,” terangnya.

Pasca penangkapan, petugas Lapas langsung menyerahkan tersangka bersama barang bukti kepada Polres Kampar untuk diproses lebih lanjut.(NDs)